8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi

Banjarmasin merupakan kota Kalimantan Selatan yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai. Selain julukan itu, Banjarmasin juga merupakan kota yang terkenal dengan pasar apungnya. Sebagai salah satu kota besar di Kalimantan Selatan, Banjarmasin juga memiliki banyak

Banjarmasin merupakan kota Kalimantan Selatan yang memiliki julukan Kota Seribu Sungai. Selain julukan itu, Banjarmasin juga merupakan kota yang terkenal dengan pasar apungnya.

Sebagai salah satu kota besar di Kalimantan Selatan, Banjarmasin juga memiliki banyak tempat atau destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh traveller.

Tidak hanya wisata tempat-tempat saja, kamu juga berwisata kuliner di kota ini. Terlebih ada istilah yang mengatakan kurang lengkap jika berwisata namun tidak mencicipi makanan khas daerahnya.

Berwisata atau mengunjungi Banjarmasin akan lebih lengkap lagi jika kamu juga mencicipi berbagai macam makanan khas dari daerah ini, terlebih jika kamu merupakan seorang pecinta kuliner.

Banyak makanan khas dari Banjarmasin yang lezat dan tentunya wajib untuk dicicipi.


Makanan Khas Banjarmasin


Penasaran apa saja? Berikut merupakan 8 daftar makanan khas Banjarmasin terlezat yang wajib untuk kamu cicipi.

1. Soto Banjar

√ 8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi
veeone120184.wordpress.com

Soto Banjar merupakan makanan khas Banjarmasin yang populer dan terkenal. Bahkan juga tersedia di berbagai kota di Indonesia.

Makanan ini juga dapat dengan mudah kamu temukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Namun tentunya pengalaman dan cita rasa yang di dapat akan berbeda jika kamu memakan soto banjar langsung dari tempat asalnya.

Soto banjar juga merupakan salah satu makanan yang sangat disarankan kepada para wisatawan untuk mencobanya ketika memiliki niat mengunjungi atau berwisata ke Banjarmasin.

Cukup berbeda dengan soto lainnya, soto banjar tidaklah menggunakan kunyit, melainkan menggunakan kayu manis. Hal ini membuat kuah soto banjar terlihat lebih bening.

Soto banjar tidak hanya berisi soun dan suwir ayam, melainkan juga diberi perkedel, dan juga irisan telur setengah matang yang menambah keunikan dan kelezatan dari makanan ini.

2. Nasi Kuning Khas Banjarmasin

√ 8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi
punyakalsel.blogspot.com

Semua orang tentunya sudah tahu Nasi Kuning, namun di Banjarmasin juga terdapat nasi kuning yang khas dan cukup berbeda dengan nasi kuning dari daerah lainnya.

Bebebrapa perbedaannya adalah penggunaan jenis beras yang digunakan untuk nasinya. Selain beras, perbedaan lainnya adalah bumbu yang memberikan ciri khas ikon kuliner kota Banjar.

Nasi kuning khas Banjarmasin menggunakan beras pera, tidak menggunakan beras pulen seperti pada umumnya.

Sedangkan untuk bumbunya, karena orang Banjar memiliki selera yang cukup berbeda dengan orang Jawa.

Jika nasi kuning pada umumnya menggunakan daun salam dan juga serai, nasi kuning banjar menggunakan rempah seperti kunyit dan daun pandan.

Selain itu, nasi kuning Banjar juga berbeda dari segi penyajiannya. Nasi kuning banjar menggunakan bumbu merah dan serundeng untuk pelengkap dan memberikan cita rasa khas.

3. Cacapan Asam

√ 8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi
tribunnews.com

Cacapan asam merupakan makanan khas Banjarmasin yang memiliki cita rasa asam pedas dan juga asin. Cacapan asam juga menjadi salah satu makanan khas Banjarmasin yang kaya rasa.

Rasa dari Cacapan Asam dihasilkan dari perpaduan bumbu seperti garam, penyedap rasa, bawang merah, asam jawa, cabai rawit dan juga cincangan buah yang memiliki rasa asam.

Makanan khas Banjarmasin yang satu ini biasanya disantap sebagai makanan pendamping untuk hidangan khas Banjarmasin.

Pendamping untuk cacapan asam yang biasa disajikan adalah makanan yang memiliki proses pengolahan dengan cara dibakar, direbus, diasinkan dan juga digoreng.

Makanan yang menjadi pendamping tersebut nantinya akan dicocol ke cacapan asam lalu kemudian dimakan dengan nasi dan juga lauk lainnya.

4. Ikan Seluang Goreng

√ 8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi
cookpad.com

Ikan seluang goreng merupakan hidangan khas Banjarmasin yang menggunakan bahan ikan seluang yang mudah ditemukan di kawasan air di Banjarmasin.

Jika di Jakarta ada ikan teri yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, di Banjarmasin ada ikan seluang yang juga berukuran mungil dan dapat diolah menjadi makanan.

Ikan seluang goreng di Banjarmasin banyak digunakan untuk lauk makanan atau hanya sekaadar dijadikan cemilan.

Umumnya ikan seluang goreng ini akan dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin sebagai oleh-oleh.

Jika kamu ingin membelinya, kamu dapat mencarinya ke pasar-pasar terdekat yang ada di Banjarmasin.

Ikan seluang goreng ini juga biasanya dibungkus dalam kemasan plastik atau kemasan kotak. Pembeli juga biasanya membeli tidak hanya satu kotak saja.

5. Ketupat kandangan

√ 8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi
makananoleholeh.com

Makanan kuah-kuahan lainnya yang menjadi makanan khas Banjarmasin adalah ketupat kandangan.

Pada dasarnya ketupat kandangan cukup serupa dengan hidangan ketupat lainnya yang mencampurkan ketupat dengan isian tertentu.

Namun yang membedakan ketupat kandangan dengan hidangan ketupat lain adalah isiannya yang berupa sepotong ikan gabus asap.

Tidak hanya ikan gabus, ketupat kandangan juga bisa disajikan dengan menggunakan ikan lainnya seperti ikan patin ataupun ikan gurami.

Perpaduan antara aroma ikan asap dan kuah ketupan kandangan yang terbuat dari santan kental, bumbu yang menggunakan rempah-rempah ini siap memanjakan lidah.

Jika kamu berkunjung ke Banjarmasin, kamu dapat dengan mudah menemukan ketupat kandangan. Karena makanan ini tersedia banyak di warung-warung makan yang ada.

6. Ikan Patin Gangan Asam

√ 8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi
makananoleholeh.com

Hidangan ikan populer lainnya yang menjadi makanan khas Banjarmasin yang menarik untuk dicicipi adalah ikan patin gangan asam.

Makanan khas Banjarmasin yang satu ini menggunakan bahan dasar ikan patin dan menggunakan kuah yang berlemak.

Biasanya, masyarakat Banjarmasin akan menambahkan campuran timun gol, dan kacang panjang pada ikan patin gangan asam.

Jika ingin lebih sedap lagi ketika disantap, ikan patin gangan asam dapat kamu tambahkan dengan sambal acan.

Tidak hanya itu, jika kamu ingin mencicipi makanan khas Banjarmasin yang satu ini, kamu dapat dengan mudah menemukannya dan harganya pun cukup terjangkau.

7. Lontong Orari

√ 8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi
zonamakan.com

Tidak hanya ketupat kandangan di Banjarmasin ada hidangan yang menggunakan ketupat lainnya, yaitu Lonton Orari.

Makanan khas Banjarmasin yang satu ini cukup berbeda dengan hidangan lontong yang umum ditemukan di berbagai macam daerah lainnya.

Yang membedakannya adalah lontong orari disajikan dengan lauk ikan gabus dan juga telur atau ayam yang sudah diberikan bumbu merah.

Lontong orari menggunakan kuah santan untuk tempat berendam sayur Nangka rebus dan juga irisan bawang goreng.

Jika kamu mencicipi makanan khas Banjarmasin yang satu ini, maka lidah kamu akan merasakan cita rasa gurih dan juga lezat.

Di Banjarmasin sendiri kamu dapat menemukan hidangan yang satu ini tanpa mengenal pagi, siang ataupun malam hari.

8. Sate Tulang

√ 8 Makanan Khas Banjarmasin Terlezat dan Wajib Dicicipi
zonamakan.com

Jika di Yogyakarta hidangan sate kuda terkenal, maka di Banjarmasin punya hidangan sate tulang yang khas yang terkenal.

Sate tulang khas Banjarmasin ini dapat menambahkan kekayaan kuliner dan banyak diburu oleh pecinta kuliner.

Meskipun menggunakan nama sate tulang, namun sebenarnya sate ini menggunakan bagian-bagian pada ayam yang tidak digunakan.

Beberapa bagian diantaranya adalah leher ayam, kulit ayam dan lemak ayam yang kemudian digiling.

Jika sudah, maka bagian-bagian tersebut akan tertancap rapi dan dibaluri dengan bumbu habang yang memiliki cita rasa pedas dan sedikit manis.

Keyword: Makanan Khas Banjarmasin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *