8 Makanan Khas Batam yang Siap Memanjakan Lidah

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
makananoleholeh.com

Pernah ke Batam? Atau ingin mengunjungi kota Batam? Batam merupakan salah satu daerah di Indonesia yang juga menjadi incaran para wisatawan.

Tidak hanya wisatawan lokal saja, melainkan juga wisatawan mancanegara banyak yang tertarik dan mengunjungi kota Batam.

Batam sendiri memiliki banyak sekali tempat wisata yang terkenal, mulai dari wisata alam, wisata perkotaan atau wisata kuliner.

Sebagai daerah yang memiliki banyak kunjungan baik itu wisatawan domestik atau mancanegara, Batam juga memiliki berbagai macam makanan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu sedang berkunjung ke Batam, tentunya akan kurang lengkap jika kamu juga tidak mencicipi berbagai macam makanan khas batam yang menggiurkan dan siap mengguncang lidah.


Makanan Khas Batam


Penasaran dan siap memanjakan lidah dengan makanan khas Batam? Berikut merupakan 8 makanan khas Batam yang menggiurkan dan siap memanjakan lidah.

1. Mie Lendir

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
travel.detik.com

Mie lendir merupakan makanan khas Batam berupa hidangan mie namun memiliki kuah yang diberi tepung kanji.

Hal ini membuat teksturnya menjadi seperti lendir. Meskipun kuah dari makanan khas Batam yang satu ini terlihat bening, namun sebenarnya kental.

Mie lendir juga menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk kamu coba jika kamu sedang berwisata atau hanya sekadar mengunjungi Batam baik itu karena pekerjaan atau lainnya.

Sebenarnya, variasi mie lendir ini tidak berbeda jauh dengan mie ongklok yang menjadi makanan khas Wonosobo.

Namun yang membedakannya adalah kuahnya menggunakan bumbu yang dibuat dari rempah-rempah yang segar dan juga menghangatkan.

Sehingga cita rasa mie lendir ini terasa lebih istimewa. Selain itu, mie lendir memang memiliki ciri khas bumbu yang kaya rempah.

2. Sop Ikan Batam

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
harianmerapi.com

Sop ikan batam merupakan makanan khas Batam selanjutnya yang berupa sup dan berisi bahan laut ikan segar dan berkualitas tinggi.

Makanan khas Batam yang satu ini disajikan dengan kuah bening yang kaya akan cita rasa dan juga menyegarkan.

Sebagai hidangan sup, makanan khas Bata mini dipadukan dengan isian berupa hidangan laut yang tentunya akan membangkitkan selera makan kamu.

Namun sup ikan batam ini sebenarnya tidak hanya berisi ikan aja, melainkan juga ada tambahan bahan laut lain seperti cumi-cumi, udang, dan aneka bahan laut lainnya.

Meskipun sup ikan batam menggunakan ikan sebagai bahan utamanya, namun yang menarik adalah tidak adanya bau amis yang tercium, justru segar ketika di makan.

Makanan khas Batam yang satu ini juga akan lebih enak dan nikmat lagi jika disantap dengan menggunakan mie.

Kamu pun dapat memilih mie apa yang ingin kamu pilih, karena ada beberapa jenis mie yang tersedia dan siap untuk ditambahkan.

3. Mie Tarempa

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
ksmtour.com

Kamu merupakan seorang penggemar mie? Makanan khas Batam selanjutnya adalah hidangan mie bernama mie tarempa.

Untuk mienya, mie ini seperti mie pada umumnya yang dibuat menggunakan adonan telur dan tepung terigu, sedikit campuran bumbu dan kuah untuk penyajiannya.

Namun hidangan mie khas Batam yang satu ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan hidangan mie lainnya.

Perbedaannya adalah isian yang digunakan. Jika mie lainnya menggunakan isian ayam, maka mie tarempa menggunakan daging sapi atau malah daging siput.

Mie tarempa sendiri terdapat dua varian yang bisa kamu santap sesuai selera. Mie kuah untuk kamu pencinta mie dengan kuah, dan mie goreng untuk kamu pecinta mie goreng.

Selain itu, fakta menarik lainnya adalah mie tarempa ini merupakan makanan khas Batam yang sudah populer dan terkenal di dunia.

4. Gonggong

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
makananoleholeh.com

Gonggong merupakan makanan khas Batam selanjutnya yang berupa hidangan dengan menggunakan siput laut sebagai bahan utamanya.

Gonggong sendiri adalah sejenis siput laut yang mempunyai rasa gurih. Tekstur dari gonggong juga kurang lebih tidak berbeda jauh dengan siput atau keong.

Namun yang membedakannya adalah gonggong memiliki tekstur yang agak sedikit kenyal ketika dimakan.

Makanan khas Batam yang satu ini biasanya disajikan dengan cara dimasak direbus menggunakan air garam dan juga jahe.

Penggunaan jahe ketika merebusnya adalah dengan tujuan untuk mengurangi aroma dan rasa amis yang ada pada gonggong.

Cara pengolahan gonggong yang sederhana ini justru mengeluarkan aroma wangi dari gonggong lebih dari biasanya.

5. Nasi Dagong

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
makananoleholeh.com

Beralih dari hidangan mie, makanan khas Batam selanjutnya adalah nasi dagong yang juga merupakan kepanjangan dari nasi daging gonggong.

Makanan khas Batam yang satu ini merupakan hidangan nasi yang dipadukan dengan daging gonggong lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

Nasi gonggong ini termasuk makanan khas yang memiliki cita rasa yang sangat istimewa karena menggunakan bumbu rempah-rempah yang kuat.

Penggunaan bumbu rempah-rempah yang kuah ini membuat nasi dagong semakin memiliki rasa yang lebih istimewa lagi.

Biasanya makanan khas nasi dagong ini disajikan dan dijadikan menu makan untuk sarapan pagi hari.

Selain itu, nasi dagong juga paling tepat jika dihidangkan dan disajikan bersamaan dengan teh tarik.

6. Nasi Lemak

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
seniberjalan.com

Makanan nasi khas Batam selanjutnya adalah nasi lemak. Nasi lemak sebenarnya makanan yang lahir dari tangan penduduk melayu yang tinggal menetap di Batam.

Selain di Batam, kamu juga bisa menjumpai nasi lemak di daerah lainnya seperi di Padang ataupun di negeri tetangga, Malaysia.

Nasi lemak di Batam dapat dengan mudah kamu temui di pasar-pasar. Banyak pedagang yang menjual makanan khas batam yang murah meriah ini.
Makanan khas Batam yang satu ini biasanya dibungkus dengan rapi menggunakan daun pisang dan kertas nasi yang memudahkannya untuk praktis dibawa dan dimakan kapan saja.

7. Mie Sagu

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
makananoleholeh.com

Kembali lagi ke hidangan mie, makanan khas Batam yang satu ini bernama mie sagu yang memang mie nya terbuat dari tepung sagu.

Mie sagu khas Batam selain dibuat dengan tepung sagu, juga dipadukan dengan bumbu istimewa.

Selain itu, yang membedakan mie sagu khas Bata mini dengan mie lainnya adalah mie ini memiliki tekstur yang lebih liar dan menggoncang lidah.

Rasa mie sagu ini pun cukup berbeda, jika pada umumnya hanya rasa gurih saja, maka mie sagu khas Bata mini memiliki rasa yang cenderung lebih pedas.

Mie sagu khas Batam juga akan sangat enak dan lebih nikmat lagi dimakan ketika malam hari.

8. Luti Gendang

√ 8 Makanan Khas Batam yang Menggiurkan dan Siap Memanjakan Lidah
ksmtour.com

Luti gendang adlaah makanan khas Batam berupa cemilan seperti roti yang diisi dengan ikan yang sudah diberi bumbu sebelumnya.

Roti yang digunakan untuk membuat luti gendang juga memiliki tekstur yang istimewa yang membuat makanan khas Batam satu ini lebih istimewa lagi.

Cita rasa renyah di luar dan lembut pada bagian dalam dipadukan dengan isian roti, tentunya makanan ini akan memanjakan lidah kamu.

Bagian menarik lainnya dari luti gendang ini adalah isinya yang berupa ikan tuna segar yang dihaluskan dan diberi bumbu rempah khas Batam.

Perpaduan tuna segar dan bumbu rempah khas Batam yang kuat ini membuat luti gendang benar-benar enak ketika dimakan.

Keyword: Makanan Khas Batam

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*