8 Makanan Khas Garut yang Lezat, Mantap dan Wajib Dicoba

makanan khas garut
blibli.com

Jika Bandung terkenal dengan sebutan Paris Van Java karena fashionnya, maka garut juga memiliki julukan yang serupa, yaitu Garut ‘Swiss Van Java’.

Selain Swiss Van Java, Garut juga memiliki julukan seperti Gorilaps, Mooi Garoet, Kota Seribu Baso, Kota Pangirutan, Kota Domba dan Kota Intan.

Garut juga menjadi salah satu daerah yang menjadi incaran para wisatawan, baik itu wisatawan lokal atau mancanegara.

Hal ini tidak mengeherankan karena garut juga adalah salah satu daerah dengan banyaknya wisata alam yang terkenal.

Sebut saja misalnya gunung papandayan. Namun tidak hanya wisata alam saja, Garut juga memiliki banyakan makanan khas yang bisa dijadikan wisata kuliner ketika kamu berkunjung ke sini.


Makanan Khas Garut


Penasaran apa saja makanannya? Berikut merupakan 8 daftar makanan khas Garut yang lezat mantap dan wajib untuk dicoba.

1. Kue Balok

√ 8 Makanan Khas Garut yang Lezat Mantap dan Wajib Dicoba
reseponline.info

Kue Balok merupakan Kue khas Garut yang sangat tepat untuk dijadikan pilihan sebagai oleh oleh untuk di bawa pulang.

Kue Balok ini sendiri dibuat dari adonan yang sudah dicetak terlebih dahulu, kemudian dipanggang langsung diatas bara arang.

Wajar saja jika kue Balok ini disukai oleh banyak orang dari berbagai kalangan, karna memiliki rasa dan aroma yang sangat khas.

Tekstur yang terdapat pada kue Balok ini juga sangat renyah dibagian luarnya tetapi sangat lembut dibagian dalamnya, sehingga membuatnya sangat nikmat pada saat disantap.

Kue Balok ini sering disajikan sebagai cemilan di pagi hari atau di sore hari untuk mengisi waktu bersantai. Pada saat menyantap kue balok juga biasanya di temani dengan kopi atau teh hangat.

2. Baso Aci Khas Garut

√ 8 Makanan Khas Garut yang Lezat Mantap dan Wajib Dicoba
womantalk.com

Bacil atau biasa dikenal dengan baso aci ini sebenarnya dalah salah satu jajanan kekinian asal garut yang banyak disukai oleh remaja.

jajanan ini terbuat dari tepung terigu dan tepung tapioca yang kemudian dicampurkan pula dengan ceker ayam, sehingga jajanan ini menjadi jajanan yang sangat digemari.

Baso Aci Khas Garus memiliki rasa yang pedas sehingga jajanan ini bisa menjadi pilihan untuk kalian yang menyukai rasa pedas.

Harga yang ditawarkan untuk Baso Aci juga terjangkau sehigga jajanan ini dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Garut.

3. Soto Ayam Khas Garut

√ 8 Makanan Khas Garut yang Lezat Mantap dan Wajib Dicoba
gomuslim.co.id

Soto Ayam Khas Garut memiliki keistimewaanya tersendiri, yaitu terdapat pada kuah santan kuning yang begitu kental yang memiliki rasa gurih pada saat dinikmati.

Hal ini karna kuah pada soto ayam ini terbuat dari santan yang pekat yang dicampurkan dengan aneka bumbu rempah, sehingga menghasilkan rasa yang begitu khas dan nikmat.

Tidak hanya itu saja, kuah soto diberikan taburan seperti bawang goreng, daun bawang, dan juga kacang kedelai goreng yang membuat soto ini berbeda dengan soto pada umumnya.

Rasa yang ditawarkan oleh Soto Ayam Khas Garut ini kaya akan bumbu rempah ditambah dengan bawang goreng dan kacang kedelai goreng menambah kenikmatan jika menyantap soto ini.

Jika kalian berkesempatan mengunjungi Garut sangat disayangkan jika kalian melewatkan Soto Ayam Khas Garut ini.

4. Sambal Cibiuk

√ 8 Makanan Khas Garut yang Lezat Mantap dan Wajib Dicoba
katalogwisata.com

Jawa barat terkenal dengan sambalnya yang begitu nikmat, salah satunya adalah Sambal Cibiuk yang begitu khas sekali, sehingga banyak dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke kota Garut.

Kebanyakan sambal berwanah merah, tetapi Sambal Cibiuk ini berwana hijau. Warna hijau yang ada pada sambal tersebut berasal dari cabai hijau, tomat hijau dan juga daun kemangi.

Samabal Cibiuk memiliki tampilan yang berbeda dari sambal biasanya, begitu juga dengan rasa yang berbeda yang ada pada sambal ini.

Jika kalian hendak berkunjung ke Garut atau kalian pecinta sambal, maka Sambal Cibiuk ini wajib untuk kalian coba.

Sambal Cibiuk ini juga bisa dijadikan pilihan untuk oleh-oleh khas Garut, karna pada saat ini Sambal Cibiuk sudah tersedia dalam kemasan botol.

5. Surabi

√ 8 Makanan Khas Garut yang Lezat Mantap dan Wajib Dicoba
merahputih.com

Surabi merupakan salah satu jajanan khas tanah Sunda, Sehingga Surabi ini juga dapat dengan mudah dijumpai di kota Garut.

Surabi adalah jajanan tradisinal yang berbaha dasar tepung beras dan santan kelapa yang dimasak dengan bara api.

Toping yang ada pada salah satu jajanan tradisioanal ini adalah gula merah dan parutan kelapa, sehingga terdapat cita rasa manis dan gurih pada saat dimakan.

6. Nasi Liwet Garut

√ 8 Makanan Khas Garut yang Lezat Mantap dan Wajib Dicoba
tripadvisor.com

Jika kalian ingin mencari kuliner khas Garut yang mengenyangkan, Nasi Liwet Garut ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, Nasi Liwet Garut ini juga dapat dengan mudah di jumpai. Karna Nasi Liwet garut ini tersedia mulai dari warung, kedai, rumah makan, hingga restoran.

Untuk mendapatkan Nasi Liwet Garut yang memiliki cita rasa yang lezat, kalian dapat mengunjungi Rumah Makan Asep Strawberry yang berada di Jalan Raya Kadungora Nomor 245, Letes, Garut.

Nasi Liwet yang disediakan di Rumah makan tersebut mempunyai cara penyajian yang sangat unik dan rasa yang ditawarkan oleh rumah makan tersebut juga sangat enak.

Pemandangan yang ada pada rumah makan tersebut juga menambah kenikmatan pada saat menyantap Nasi Liwet Garut ini.

Kalian tidak akan menyesal jika mencoba makan langsung di rumah makan tersebut atau memilih dibungkus sebagai bekal pada saat perjalanan pulang.

7. Awug

√ 8 Makanan Khas Garut yang Lezat Mantap dan Wajib Dicoba
ayobandung.com

Awug adalah salah satu jajanan tradisional khas Jawa Barat yang dapat mengenyangkan perut. Karna jajanan ini terbuar dari bahan dasar tepung beras dengan isian gula merah.

Rasa dari Awug sendiri adalah Manis legit, sangat cocok sekali jika dimakan pada saat masih hangat, ditemani dengan tek atau kopi panas menambah kenikmatan pada saat menyantap jajanan ini.

Jajanan tradisional asal jawa barat ini sangat cocok dinikmati di pagi hari atau di sore hari pada saat bersantai dengan keluarga atau sendiri.

8. Bakso Mang Ano

√ 8 Makanan Khas Garut yang Lezat Mantap dan Wajib Dicoba
wisatakulinerdigarut.blogspot.com

Kuliner bakso begitu diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Walaupun bakso bukan kuliner asli garut, akan tetepi kalian wajib mencoba bakso yang begitu diminati di Garut.

Yaitu Bakso Mang Ano, sebuah rumah makan bakso yang begitu diminati oleh semua orang, entah itu wisatawan dari luar daerah atau peduduk setempat.

Bakso Mang Ano Menawarkan dihidangkan bakso urat dengan kuah yang memiliki rasa yang sangat gurih dan sangat nikmat.

Dalam kuah bakso tersebut terdapat kulit kepala sapi yang empuk pada saat dimakan, sehingga lidah setiap pengunjungnya akan semakin dibuat bergoyang tidak karuan karna kenikmatannya.

Harga untuk dapat menikmati Bakso Mang Ano ini adalah 15 ribu rupiah untuk satu mangkouk bakso yang sangat lezat. Terbilang sangat murah jika di bandingkan dengan rasa lezat yang ditawarkan.

Bakso Mang Ano adalah salah satu kuliner yang sangat disayangkan untuk di lewatkan jika kalian sedang mengunjungi garut.

Keyword: Makanan Khas Garut

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*