8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Mantap

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Mantap
shopback.com

India merupakan negara di Asia dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia. India juga terkenal dengan film Bollywood-nya yang mendunia.

Selain Bollywood, India juga memiliki berbagai macam tempat wisata populer yang terkenal di dunia, sebut saja misalnya Taj Mahal.

Banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung dan melihat langsung Taj Mahal. Tidak hanya itu saja, India juga masih memiliki banyak tempat wisata sejarah budaya lainnya.

Selain tempat wisata populer, jika kamu berkungjung ke India, kamu juga bisa berwisata kuliner. Karena India memiliki banyak makanan khas yang terkenal enak dan cukup menarik untuk dicoba.

Tentunya jika kamu seorang traveller atau pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke India tidak akan melewatkan kesempatan untuk mencicipi secara langsung makanan khas India.


Makanan Khas India


Jika kamu penasaran dengan makanan khas India, berikut merupakan 8 makanan khas India yang terkenal enak dan menarik untuk dicicipi.

1. Kheema

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Menarik untuk Dicicipi
tripadvisor.in

Kheema, keema atau juga dikenal qeema merupakan makanan tradisional di Asia Selatan termasuk India.

Makanan khas yang satu ini menggunakan daging giling sebagai bahan utamanya dan dipadukan dengan berbagai macam rempah.

Tidak hanya itu saja, selain rempah, makanan ini juga dikombinasikan dengan kacang polong ataupun irisan kentang.

Daging yang digunakan untuk makanan khas ini bisa menggunakan banyak hewan. Sedangkan di Indonesia, makanan khas India yang satu ini dibuat menggunakan daging sapi.

Kheema akan lebih nikmat dimakan ketika malam hari dan cuaca sedang dingin. Selain itu, menyantap kheema biasanya dimakan bersama dengan naan atau roti tawar.

Tekstur dari naan ataupun roti tawar yang dipadukan dengan rasa pedas dari kheema memberikan rasa yang enak dan menghangatkan tubuh.

2. Biryani

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Menarik untuk Dicicipi
en.wikipedia.org

Siapa yang tidak kenal makanan khas India yang satu ini? Biryani merupakan makanan khas India yang terkenal di dunia.

Biryani sendiri merupakan sajian utama berupa nasi yang dimasak menggunakan rempah-rempah khas india dan dikombinasikan dengan sayuran ataupun daging.

Sebenarnya biryani tidak hanya dapat ditemukan di India saja, kamu juga dapat menemukannya dikawasan Asia Selatan lainnya.

Tidak hanya itu saja, biryani juga merupakan salahs atu hidangan yang cukup terkenal dan banyak disajikan di restoran khas Timur Tengah.

Beras yang dipilih untuk membuat biryani dipilih, dicuci dan juga di rebus dalam panic tanpa bumbu.

Setelah dimasak, barulah beras dicampur dengan kaldu berbumbu dan biarkan panic dalam keadaan tertutup hingga matang dan kaldu menyerap.

3. Naan

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Menarik untuk Dicicipi
resepabi.blogspot.com

Makanan khas India selanjutnya yang terkenal dan populer di dunia adalah roti naan. Di Indonesia sendiri bahkan banyak yang menyebutnya roti India.

Naan merupakan makanan berbentuk roti yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung ragi.

Naan sendiri sebenarnya adalah roti tradisional dari India yang menggunakan tepung ragi sebagai bahan dasarnya yang diolah di oven tradisional atau modern.

Makanan khas India yang satu inibiasanya dijadikan hidangan makana oleh masyarakat India ketika sedang merasa bosan menyantap makanan pokok.

Untuk menambah kelezatan dan nikmatnya dari hidangan yang satu ini, naan biasaanya dimakan dengan hidangan lain seperti palak paneer ataupun ayam tandoori.

Selain itu, naan juga memiliki beberapa variasi misalnya seperti butter naan. Butter naan dimasak dengan mentega dalam jumlah yang banyak.

Karena menggunakan mentega yang banyak, maka variasi roti naan ini memiliki rasa yang gurih dan juga krispi.

4. Dosa

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Menarik untuk Dicicipi
makananoleholeh.com

Dosa merupakan makanan khas India yang mungkin namanya terdengar membuat bingung untuk masyarakat Indonesia.

Dosa sendiri sebenarnya adalah makanan khas India yang kurang lebih mirip seperti lekker, memiliki tekstur renyah, bentuk kering dan rasanya yang enak.

Bahan dasar untuk membuat makanan khas India yang satu ini menggunakan kacang dan juga beras yang sudah difermentasi.

Dosa bisa dimasak menggunakan sedikit percikan minyak ataupun tidak. Di India sendiri, makanan ini biasanya disebut dosay atau dosai.

Selain itu, biasanya dosa dimakan atau disantap sebagai hidangan sarapan atau makan malam.

Namun tidak jarang juga yang memakan dosa sebagai sebagai teman mengisi waktu kosong.

5. Samosa

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Menarik untuk Dicicipi
id.wikipedia.org

Samosa merupakan makanan khas India yang tidak kalah enak dengan naan. Sebagai camilan, samosa bisa dibilang mirip seperti pastel bagi orang Indonesia.

Yang membedakannya adalah jika pastel memiliki bentuk setengah lingkaran, maka samosa memiliki bentuk segitiga.

Samosa sendiri adalah camilan yang akan memberikan kamu cita rasa yang gurih dan tekstur rengah.

Tidak hanya itu, selain rasa original, samosa juga telah dimodifikasi dan dikombinasikan dengan berbagai varian rasa, misalnya seperti rasa susu dan cokelat.

Di Indonesia sendiri kamu bisa menjumpai dan memakan hidangan ini di restoran India atau Timur Tengah.

Namun tentunya pengalaman, sensasi dan cita rasa yang di dapat akan lebih beda jika kamu mencicipinya langsung di negara asal makanan ini.

6. Ayam Tandoori

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Menarik untuk Dicicipi
ayofood.blogspot.com

Dari sekian banyak makanan khas India yang terkenal di negara lain, mungkin ayam tandoori bisa dibilang merupakan makanan khas india yang paling terkenal.

Makanan ini dinamakan ayam tandoori karena bahan ayam yang digunakan untuk hidangan ini melewati proses yang dinamakan tandoori.

Tandoori sendiri merupakan cara masak bahan makanan dengan menggunakan bumbu yag dibuat meresap ke dalam bahan.

Selanjutnya dipanggang di dalam oven tandoori dengan temperature yang sangat tinggi atau bisa mencapai 300 derajat celcius.

Karena menggunakan oven yang sangat panas, ayam biasanya ditusuk terlebih dahulu menggunakan besi panjang.

Selain itu, fakta menarik lainnya adalah cara memasak ayam ini juga sudah dilakukana tau digunakan di negara-negara lain untuk memasak bahan makanan selain ayam.

7. Laddu

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Menarik untuk Dicicipi
jadiberita.com

Jika kamu tahu cerita Mahabharata, ada seorang tokoh dalam cerita tersebut bernama Bhima yang jatuh hati dengan makanan bernama Laddu.

Laddu sendiri merupakan makanan khas India berupa kue yang bentuknya terlihat mirip dengan gulab jamun atau bulat-bulat berukuran kecil.

Makanan khas India yang satu ini memiliki cita rasa manis karena bahan dasar yang digunakan adalah tepung dan juga gula.

Laddu biasanya disajikan pada acara-acara besar seperti hari perayaan atau keagamaan. Selain itu, laddu juga bisa menjadi hidangan penutup ketika idul fitri oleh penduduk Muslim.

8. Chole Bhature

√ 8 Makanan Khas India yang Terkenal Enak dan Menarik untuk Dicicipi
makananoleholeh.com

Chole bhature merupakan makanan khas India dengan jenis kacang-kacangan.

Chole sendiri merupakan kacang yang mudah untuk ditemukan di India dan memiliki bentuk yang cukup menggoda mata.

Sebelum diolah menjadi sebuah makanan atau hidangan, chole perlu direndam terlebih dahulu selama satu malam baru kemudian dimasak dengan bumbu yang dicampur yoghurt.

Sedangkan bhature merupakan roti dengan bentuk gemuk yang sudah melewati proses penggorengan. Meskipun memiliki ukuran yang cukup besar, namun bhature tidak memiliki isian sama sekali.

Oleh karena itu bhature cocok untuk dijadikan hidangan pendamping chole. Perpaduan keduanya akan melengkapi satu sama lain dan menciptakan rasa yang enak.

Keyword: Makanan Khas India

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*