8 Makanan Khas Jember yang Siap Membuat Lidah Menari

√ 8 Makanan Khas Jember yang Siap Membuat Lidah Menari
lokalkarya.com

Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak julukan. Seperti misalnya “Kota Pandhalungan”, “Kota 1000 Bukit”.

Julukan lainnya yang terkenal adalah “Kota Karnaval”. Hal ini dikarenakan Jember Fashion Carnaval yang sudah mendunia dan juga banyak ditiru oleh daerah lainnya.

Memiliki banyak julukan, Jember juga menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Keindahan wisata alam yang ada di Jember membuat banyak wisatawan menjadikan Jember sebagai incaran untuk berwisata.

Namun, tidak hanya wisata alam saja, Jember juga memiliki banyak makanan khas yang juga bisa dijadikan wisata kuliner ketika kamu sedang berkunjung ke daerah ini.


Makanan Khas Jember


Penasaran apa saja makanan khas dari daerah ini? Berikut merupakan 8 makanan khas Jember yang enak dan siap membuat lidah kamu menari karena kelezatannya.

1. Pencel Pincuk Garahan

√ 8 Makanan Khas Jember yang Enak dan Siap Membuat Lidah Menari
adyarazan.blogspot.com

Pecel pincuk garahan merupakan salah satu makanan khas asli Jember yang juga sudah terkenal enaknya dan menjadi makanan yang wajib dicicipi.

Makanan khas Jember yang satu ini dalam penyajiannya menggunakan daun pisang yang membuat pecel pincuk garahan menjadi lebih terasa nikmat lagi.

Pencel pincuk garahan juga terkenal dengan sambalnya yang pedas. Hal ini dikarenakan proses pembuatan sambalnya.

Hal ini dikarenakan pembuatan sambal pecel ini digerus dengan cobek batu atau tanah liat yang mana hasil gerusannya tidak sehalus jika menggunakan mesin.

Namun, meskipun makanan khas Jember ini terkenal dengan sambalnya yang pedas, kacang dalam sambal pada pecel ini masihlah terasa.

Pecel pincuk garahan memiliki rasa asam, pedas, manis yang begitu terasa ketika masuk mulut karena tekstur dari sambalnya yang kasar.

2. Soto Ayam Dahlok

√ 8 Makanan Khas Jember yang Enak dan Siap Membuat Lidah Menari
makananoleholeh.com

Soto ayam dahlok merupakan makanan khas Jember lainnya yang terkenal enak, memiliki ciri khas dan wajib untuk dicoba jika kamu berkunjung ke Jember.

Makanan khas Jember yang satu ini memilki perbedaan berupa ciri khusus yang membuatnya berbeda dengan soto pada umumnya.

Hidangan soto yang satu ini juga sebenarnya memiliki 3 macam varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

Beberapa varian soto khas Jember ini diantaranya adalah soto ayam biasa, soto jeroan, dan juga soto biasa.

Rasa dari makanan khas Jember yang satu ini akan membuat setiap orang yang sudah mencobanya merasa rindu dan ingin memakannya kembali.

Selain itu, hal lain yang membuat hidangan soto ini unik adalah diberinya taburan bawang merah yang sedikit dan juga bawang putih yang lebih banyak.

3. Gudeg Pecel Jember

√ 8 Makanan Khas Jember yang Enak dan Siap Membuat Lidah Menari
makananoleholeh.com

Gudeg pecel jember merupakan makanan khas Jember lainnya yang tidak sangat menarik untuk dicoba karena makanan ini memadukan gudeg dan pecel.

Kepopuleran nasi gudeg tidak hanya terkenal di daerah Yogyakarta saja, melainkan di Jember juga terdapat warung yang menyediakan menu gudeg.

Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1980 dan menyajikan variasi menu gudeg yang inovatif yakni nasi campur dengan gudeg dan pecel.

Menu yang satu ini bahkan sudah menjadi primadona dan menjadi incaran banyak pengunjung yang mendatanginnya, tidak terkecuali pada pecinta kuliner.

Gudeg pecel jember memiliki rasa yang enak lezat, dan gudegnya empuk serta khas sekali ketika di santap.

Selain itu, factor lain yang membuat makanan ini nikmat adalah gudegnya yang dimasak dengan menggunakan tungku kayu bakar.

4. Pia Tape

√ 8 Makanan Khas Jember yang Enak dan Siap Membuat Lidah Menari
primadonajember.com

Pia tape merupakan salah satu makanan khas Jember berupa camilan kue pia dengan isian tape singkong.

Makanan khas Jember yang satu ini sangat dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jember untuk dijadikan oleh-oleh.

Hal ini dikarenakan pia tape merupakan makanan asli khas Jember yang memiliki rasa yang unik dan khas.

Pada dasarnya kue pia merupakan kue tradisional dari masyarakat Tionghoa yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan adonan tepugn.

Namun di Jember, sebagai kota yang memiliki banyak jenis olahan tape, membuat variasi kue pia yang sangat populer dan dipadukan dengan isian tape.

Jika kamu berkunjung ke daerah Jember, baik itu untuk wisata atau keperluan lain, maka jangan lupa untuk membeli pia tape sebagai oleh-oleh.

5. Edamame

√ 8 Makanan Khas Jember yang Enak dan Siap Membuat Lidah Menari
food.detik.com

Jika kamu sedang berwisata atau berkunjung ke Jember, maka jangan sampai melewatkan kesempata untuk membeli edamame khas Jember.

Pada dasarnya edamame merupakan sebuah kacang kedelai hijau. Namun dari segi ukuran, edamame memiliki ukuran yang lebih besar dari kacang kedelai pada umumnya.

Istilah edamame untuk camilan khas Jember yang satu ini sebenarnya berasal dari jepang. Eda berarti cabang dan mame yang berarti kacang.

Edamame sendiri biasanya disajikan sebagai camilah sehat atu dikemas dan dijadikan makanan beku.

Rasa asin dan gurih dari edamame benar-benar menggugah selera. Tidak hanya itu saja, terdapat juga sedikit sensasi manis yang berpadu dengan aroma kacang-kacangan.

6. Brownies Tape

√ 8 Makanan Khas Jember yang Enak dan Siap Membuat Lidah Menari
primadonajember.com

Brownies tape merupakan makanan khas dari Jember lainnya dari inovasi memadukan brownies dengan tape.

Sebagai kota penghasil tape yang sangat terkenal selain Bondowoso, tentunya tidak mengherankan jika Jember banyak berinovasi dalam hal makanan.

Salah satu invoasi makanan dari Jember yang terkenal dan menggunakan bahan tape adalah brownies tape.

Biasanya, brownies merupakan jenis makanan manis. Namun lain halnya dengan brownies yang menjadi kuliner khas Jember satu ini.

Brownies ini memiliki cita rasa khas masam-masam yang mana merupakan sangat identik dengan tape itu sendiri.

Berwisata atau berkunjung tidak ada salahnya mencoba makanan khas Jember yang satu ini. Kamu pun bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh.

7. Prol Tape

√ 8 Makanan Khas Jember yang Enak dan Siap Membuat Lidah Menari
primadonajember.com

Makanan khas Jember lainnya yang menggunakan bahan tape dan merupakan makanan oleh-oleh khas Jember adalah prol tape.

Prol tape sendiri merupakan makanan berupa kue khas jember yang dibuat dengan menggunakan singkong yang sudah difermentasi menjadi tape.

Kue khas Jember yang satu ini memiliki rasa yang sangat khas ketika dimakan. Rasa manis berpadu dengan sedikit masam dari tape membuat kue ini sangat khas.

Selain itu, prol tape juga biasanya memiliki beberapa taburan toping diatasnya seperti keju kismis, keju cokelat, atau hanya keju saja.

Namun kamu juga bisa menikmati prol tape tanpa taburan toping diatasnya dengan membeli prol tape original.

8. Es Krim Domino

√ 8 Makanan Khas Jember yang Enak dan Siap Membuat Lidah Menari
lokalkarya.com

Beralih ke hidangan penutup, makanan khas jember lainnya yang juga wajib untuk dicoba dan siap membuat lidah kamu menari adalah es krim domino.

Kedai es krim domino sudah dibuka sejak 1960-an dan menjadi salah satu kuliner ikonik kota Jember.

Es krim domino sendiri memiliki kelezatan rasa yang konsisten dan penikmatnya pun dari berbagai macam kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sampat saat ini, es krim domino masih memiliki kualitas yang terjaga. Rasa dan bentuknya pun masih sama.

Jika ada yang membedakannya, mungkin pada variasi es krim dan penambahan menu lain misalnya seperti cake es krim dan yang lainnya.

Keyword: Makanan Khas Jember

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*