13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera
instagram.com

Sebagai salah satu destinasi yang digemari oleh banyak, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara, Lombok juga tak kalah menarik dengan Bali.

Selain wisata pantai, panorama alam dan budaya, Lombok juga memiliki berbagai macam kuliner khas yang tak kalah menarik untuk dilewatkan.

Berwisata ke Lombok tentunya kurang lengkap jika tidak mencicipi berbagai macam makanan khas dari daerah ini.

Makanan yang memiliki ciri khas bumbu dan rasa yang pedas membuat tidak sedikit orang yang tergoda untuk mencicipinya dan menyukainya.


Makanan Khas Lombok


Jika kamu pecinta kuliner atau sedang berwisata ke Lombok, berikut merupakan 13 makanan khas Lombok yang harus di cicipi.

1. Sate Tanjung

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
cookpad.com

Sate tanjung merupakan salah satu makanan khas dari Lombok Utara yang memiliki ciri khas rasa pedas manis dan umumnya disajikan dengan lontong serta urap sayur atau pelecing kangkung.

Cukup berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini terbuat dari bahan olahan daging ikan. Selain itu hal unik lainnya adalah sate tanjung ini disajikan di atas opak singkong.

2. Sate Rembiga

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
tripadvisor.co.id

Sate Rembiga merupakan salah satu makanan khas Lombok yang merujuk pada nama jalan di Mataram, Lombok. Warung Makan sate rembiga Ibu Sinnaseh merupakan salahs atu yang terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bahan dari sate rembiga adalah daging sapi yang ditumbuk sebelumnya agar lebih empuk ketika di makan. Setelah ditumbuk, daging sapi dimasukkan dan direndam ke dalam bumbu khusus selama dua jam.

Setelah di rendam bumbu selama dua jam, barulah sate di bakar dan siap disajikan.

3. Ayam Taliwang

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
beritainspiratif.com

Untuk makanan khas Lombok yang satu ini mungkin hanya sedikit masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya, sebab ayam taliwang merupakan salah satu makanan khas Lombok yang paling terkenal.

Sebagai salah satu makanan khas Lombok yang terkenal, banyak orang di berbagai daerah menjual ayam taliwang dan seolah berlomba serta bersaing untuk mendapatkan hati pelanggannya.

Ayam taliwang sendiri ada berbagai macam, mulai dari ayam taliwang pedas manis, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, sambal lima, goreng bias am dan juga goreng asam. Umumnya ayam taliwang disajikan dengan nasi dan juga pelecing kangkung.

4. Pelecing Kangkung

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
cookpad.com

Pelecing kangkung merupakan salah satu makanan khas Lombok yang sudah cukup terkenal, bahkan sudah banyak yang membuat usaha kuliner di berbagai daerah memasukkan pelecing kangkung sebagai salah satu menunya.

Berasal dari Lombok Barat, pelecing kangkung terbuat dari bahan kangkung Lombok yang memiliki ukuran dan tekstur lebih besar jika dibandingkan kangkung biasanya.

Pelecing kankung dimasak dengan mencampurkan kankung dengan sambal tomat dan bumbu khas Lombok dan biasa disajikan dengan sepiring nasi hangat.

5. Sate Pusut

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
pesona.travel

Sate Pusut merupakan salah satu makanan khas Lombok dari Lombok timur yang mirip dengan hidangna sate lilit di Bali. Namun yang membedakannya adalah penggunaan bahannya.

Sate pusut terbuat dari bahan daging sapi yang dicampur sepihan kelapa dan memiliki rasa yang gurih. Cukup berbeda dengan sate lilit Bali yang menggunakan daging ikan sebagai bahan makanannya.

6. Ayam Rarang

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
tribunnews.com

Makanan khas Lombok yang satu ini bisa dibilang merupakan makanan yang tidak boleh dilewatkan untuk dicicipi. Hal ini dikarenakan ayam rarang termasuk dalam salah satu ikon kuliner Lombok.

Ayam rarang sendiri menggunakan bahan ayam kampung yang di masak dan di goreng terlebih dahulu sebelum disajikan dengan baluran bumbu sambal.

Baluran bumbu sambal yang digunakan berpadu dengan cabai rawit dan membuat makanan ini sekilas terlihat sangat pedas, namun ketika dimakan tidak sepedas yang dibayangkan.

7. Ayam Pelalah

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
cookpad.com

Ayam pelalah merupakan salah satu makanan khas Lombok yang berasal dari daerah di Lombok namun dipadati oleh masyarakat asli Bali. Oleh karena itu sebagian orang mungkin akan mengenal ayam pelalah sebagai makanan dari Bali.

Ayam pelalah terbuat dari bahan ayam yang disuir lalu kemudian di bakar dan disajikan dengan dua jenis bumbu, yaitu bumbu sambal dan juga bumbu rendaman.

Untuk bumbu rendaman ayam pelalah biasanya dibuat dengan campuran bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kemiri, lengkuas, gula merah, kunyit dan juga garam.

Sedangkan untuk sambalnya terbuat dari tomat, cabai merah, terasi, bawah merah, bawang putih, garam, gula pasir dan perasaan jeruk nipis.

Ayam pelalah bisa dimakan dengan nasi atau tanpa nasi, sesuai dengan selera kamu.

8. Nasi Balap Puyung

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
tradisionalindonesiafood.blogspot.com

Nasi balap puyung adalah makanan khas Lombok dari Lombok tengah yang juga bisa kamu temui di luar pulau Lombok. Nasi balap puyung juga terkenal dengan rasa pedasnya dan keunikan bumbu khas Suku Sasak yang digunakan.

Satu porsi nasi balap puyung terdiri dari nasi putih, kentang goreng kremes, biji kedelai goreng, campuran sambal daging dan juga telur. Tentunya makanan ini cukup menggoda untuk dicicipi.

9. Kelaq Sebie

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
dapursasak.com

Kelaq Sebie merupakan salah satu makanan khas Lombok yang juga memiliki cita rasa pedas karena menggunakan cabai rawit sebagai bahan utamanya. Penggunaan cabai rawit pada hidangan ini juga tidak tanggung-tanggung.

Untuk sekali masak hidangan kelaq sebie, biasanya menggunakan sekitar satu kilogram cabai. Kelaq sabi bisa disajikan dengan ikan tongkol, terong, dan juga kacang panjang agar terasa lebih nikmat.

Jika kamu pecinta makanan pedas, maka kamu harus mencicipi makanan khas bali yang satu ini.

10. Kelaq Batih

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
dapursasak.com

Kelaq Batih merupakan makanan jenis kuah khas Lombok yang menggunakan bahan utama biji buncis tua dan dicampur dengan daun singkong muda. Ciri khas makanan ini adalah kuahnya yang memiliki rasa yang khas.

Bumbu yang digunakan untuk membuat kuahnya berasal dari berbagai macam campuran rempah atau jika dalam Bahasa sasak disebut ragi beleq.

Ragi beleq sendiri terdiri dari campuran merica, ketumbar, lengkuas, sedikit kencur, jahe, cengkeh, bawah berah, bawang putih, cabe merah, garam, penyedap rasa dan juga terasi.

11. Kelaq Lebui

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
riwayatkuliner.com

Kelaq lebui merupakan makanan khas Lombok dengan bahan dasar kacang kedelai hitam dan dimasak dengan irisan bawang putih, bawang merah, kemangi dan juga bumbu lainnya.

Kelaq labui mempunyai rasa pedas dan asam, dan akan lebih nikmat lagi jika memakannya dengan nasi putih hangat serta kerupuk kulit khas Lombok.

12. Ares

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
instagram.com/tengakarta

Ares merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari pelepah atau gedebak pisang yang masih muda. Dahulu, ares hanya di sajikan ketika acara adat saja, namun sekarang kamu bisa menikmati makanan khas ini di warung makan yang tersebar di Lombok.

Sayur Ares diolah dengan kuah yang terbuat dari santan. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dari santan yang berpadu dengan bumbu rempah yang khas.

Untuk memperkaya sajian makanan, masyarakat Lombok biasanya menambahkan daging ke dalamnya.

13. Ikan Bakar Pantai Nipah

√ 13 Makanan Khas Lombok yang Menggugah Selera dan Wajib Dicoba!
rajatamam.blogspot.com

Ikan bakar pantai nipah merupakan makanan khas Lombok yang terkenal di kalangan wisatawan. Selain rasanya yang memang enak, wisatawan juga disuguhi pemandangan yang indah ketika menikmati sajian ikan laut yang segar.

Ikan yang dijual dan dijadikan ikan bakar merupakan ikan langsung dari nelayan desa setempat.

Kamu dapat menemukan ikan bakar pantai nipah di sejanjang jalan mulai dari perbukitan malimbu hingga ke pantai nipah.

Keyword: Makanan Khas Lombok

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*