√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik dan Menarik untuk Dicicipi

8 Makanan Khas Toraja yang Unik dan Menarik untuk Dicicipi

Toraja merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki keeksotisan alam dan nama Tanah Toraja yang dikenal sampai ke luar negeri. Banyak tempat wisata alam dan budaya yang sangat terkenal yang menjadi incaran para

Toraja merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki keeksotisan alam dan nama Tanah Toraja yang dikenal sampai ke luar negeri.

Banyak tempat wisata alam dan budaya yang sangat terkenal yang menjadi incaran para wisatawan, baik wisatawan lokal atau mancanegara.

Sebut saja Desa Kete Kesu, tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang ikonik dan bahkan terkenal di dunia Internasional. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk datang.

Selain banyaknya tempat wisata yang terkenal dan populer, Toraja juga memiliki berbagai macam makanan khas yang menarik untuk dicicipi.

Jika kamu sedang berwisata atau berkunjung ke Toraja, tentunya akan kurang lengkap jika kamu tidak mencicipi langsung makanan khas dari daerah ini.


Makanan Khas Toraja


Penasaran apa saja makanan khas dari Toraja? Berikut merupakan 8 makanan khas Toraja yang unik namun menarik untuk dicicipi.

1. Pangrarang

√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik Namun Menarik untuk Dicicipi
makananoleholeh.com

Pangrarang merupakan makanan khas Toraja dengan jenis hidangan yang mirip dengan sate namun terdapat beberapa perbedaan.

Jika kamu menyantap makanan khas Toraja yang satu ini, kamu pun akan tetap dapat menemukan perpedaan dengan sate lain pada umumnya.

Yang membedakan pangrarang dengan makanan sate lainnya adalah terletak pada bumbunya, di mana sata ini hanya menggunakan garam saja.

Setelah di berikan garam, sate khas Toraja ini kemudian di bakar di atas bara api seperti layaknya membakar sate pada umumnya. Setelah matang, sate akan disajikan dengan bumbu cabe uleg yang sudah ditambahkan degan perasan jeruk nipis.

Pangrarang ini di makan dengan menyocolkan sate ke bumbu cabe uleg yang menjadi pendampingnya. Rasa yang dihasilkan pun enak, pedas dan juga segar.

2. Kapurung

√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik Namun Menarik untuk Dicicipi
penyukajalanjalan.com

Kapurung adalah makanan khas Toraja yang dibuat dengan bahan dasar sayuran, sagu dan juga ikan serta digemari oleh masyarakat Toraja. Menggunakan bahan-bahan tersebut, makanan khas Toraja ini menjadi makanan yang lezat dan juga bergizi.

Sayuran yang digunakan untuk dimasukkan ke dalam kapurung pun beragam, misalnya seperti jantung pisang, labu merah, kangkung, kacang panjang, bayam dan yang lainnya.

Sedangkan untuk ikan yang digunakan sebagai tambahan adalah ikan dandeng dan juga ikan teri goreng. Jika sudah, maka akan dimasukkan sagu untuk membuatnnya terlihat menggoda. Dari segi tampilan, makanan ini cukup unik namun menarik untuk dicicipi.

Jika kamu berkunjung atau berwisata ke Toraja, tentunya akan kurang lengkap jika kamu tidak mencicipi makanan khas Toraja yang satu ini.

3. Palopo

√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik Namun Menarik untuk Dicicipi
disiniaja.net

Masih menggunakan sagu, makanan khas Toraja selanjutnya yang juga unik dan menarik untuk dicoba ketika berwisata ke Toraja adalah Palopo.

Makanan khas Toraja yang satu ini dibuat dengan menggunakan tepung sagu yang disiram air panas lalu diuleni dan di bentuk bulat-bulat.

Selanjutnya adonan akan dimasukkan kedalam kuah ikan, sayur atau daging. Jika sudah matang, palopo siap untuk disajikan di atas piring. Rasa dan tekstur dari makanan khas Toraja ini sangat kenyal namun enak dan kamu pun akan menyukainnya.

Terlebih palopo akan sangan enak lagi ketika dipadukan dengan kuah ikan yang gurih dan akan membuat kamu cepat kenyang karena penggunaan bahan sagunya.

Jika kamu mencoba makanan khas Toraja yang satu ini maka akan lebih pas lagi jika disantap ketika dalam kondisi hangat.

4. Pa’ Piong Manuk

√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik Namun Menarik untuk Dicicipi
makananoleholeh.com

Pa’ piong manuka tau dangkot Toraja merupakan makanan khas Toraja yang menggunakan bahan dasar utama ayam yang juga menarik untuk dicicipi.

Jika dalam Bahasa Jawa manuk berarti burung, namun di Toraja, manuk berarti ayam. Ayam ini lah yang digunakan untuk menggunakan makanan khas Toraja.

Daging ayam yang sudah dibersihkan kemudian dipotong lalu nantinya dicampur dengan bumbu rempah dan daun mayana.

Sesudah itu, ayam akan diberi cabai rawit untuk memberikan rasa pedas. Meskipun memiliki rasa yang pedas, namun makanan khas Toraja ini banyak digemari.

Jika kamu penyuka makanan atau kuliner pedas dan sedang berkunjung atau berwisata ke Toraja, maka makanan khas yang satu ini wajib untuk kamu coba dan cicipi.

Cita rasa khas Toraja makanan ini membuat kamu mendapatkan pengalaman yang berkesan ketika kamu di daerah ini.

5. Pantollo Lendong

√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik Namun Menarik untuk Dicicipi
budaya-indonesia.org

Beralih dari makanan dengan bahan dasar ayam, pantollo lending merupakan makanan khas dari Toraja yang menggunakan belut sebagai bahan dasar utamanya.

Makanan khas Toraja ini memanglah unik karena menggunakan belut, terlebih ditambah dengan dimasak menggunakan bumbu yang khas. Bumbu yang khas ini sekilas cukup mirip dengan bumbu yang digunakan untuk membuat hidangan rawon.

Namun, rempah yang digunakan untuk membuat pantollo lending cukup banyak sehingga cita rasa yang dihasilkan oleh makanan khas Toraja ini sangatlah khas.

Rasanya yang lezat membuat masyarakat Toraja menyukai makanan khas yang satu ini. Selain itu, biasanya makanan ini disajikan di acaara adat Toraja.

6. Pantollo Bale

√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik Namun Menarik untuk Dicicipi
aktqu.com

Pantolle bale merupakan makanan khas Toraja dengan bahan dasar ikan dan menarik untuk dicoba ketika kamu berwisata ke daerah Toraja. Cukup berbeda dengan pantollo lending, pantollo bale menggunakan ikan mas sebagai bahan dasar utamanya.

Meskipun umumnya menggunakan ikan mas, namun banyak juga masyarakat yang mengganti ikan mas dengan ikan lele sebagai bahan dasar makanannya.

Namun, meskipun menggunakan jenis ikan yang berbeda, rasa dan kenikmatan dari makanan khas Toraja yang satu ini tetaplah enak.

Kamu bisa menikmati pantollo bale dengan kuah atau dengan cara digoreng bahkan dipanggang mengugunakan bumbu khas Toraja. Jika kamu sedang berwisata ke Toraja, maka akan lebih lengkap jika kamu sebaiknya menikmati makanan khas yang satu ini.

7. Deppa Tori

√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik Namun Menarik untuk Dicicipi
travel.kompas.com

Deppa Tori merupakan makanan berupa kue khas dari Toraja yang bisa kamu cicipi atau kamu jadikan sebagai oleh-oleh jika kamu berkujung ke Toraja.

Dari nama makanan ini, jika diartikan memiliki arti kue. Deppa tori sendiri adalah kue yang biasa dijadikan sebagai camilan.

Kue khas dari Toraja ini juga disukai oleh para wisatawan yang datang untuk berkunjung ke daerah Toraja dan menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Makanan khas Toraja berupa kue yang satu ini sekarang sudah banyak dijual di tempat wisata atau bahkan di tempat oleh-oleh. Sehingga kamu akan dengan sangat mudah menemukannnya dan membelinnya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Tu’tuk Utan

√ 8 Makanan Khas Toraja yang Unik Namun Menarik untuk Dicicipi
visittoraja.com

Makanan khas Toraja yang selanjutnya yang juga menarik untuk dicicipi adalah tu’tuk utan yang terbuat dari sayuran sebagai bahan dasarnya. Jika diartikan dari namanya, tutuk memiliki arti ditumbuk, sedangkan utan berarti sayuran.

Makanan ini dibuat menggunakan daun singkong yang dihaluskan terlebih dahulu dengan cara ditumbuk baru kemudian dimasak dengan daging. Daging yang digunakan sebagai tambahan dari makanan ini sudah dipotong menjadi kecil-kecil.

Kemudian, tutuk utan ditambahkan dengan parutan kelapa dan juga cabe rawit. Cara memasak makanan ini pun terbilang mudah dan seperti memasak makanan pada umumnya.

Keyword: Makanan Khas Toraja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *