√ Ciri Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia | Sifat dan Prinsipnya

Ciri Ciri Peraturan Perundang-Undangan

Ciri Ciri Peraturan Perundang-Undangan – Ciri-ciri dari peraturan perundang-undangan di Indonesia yang notabene adalah sebuah negara hukum, artinya segala bentuk pelanggaran yang terjadi harus diselesaikan melaui jalur hukum. Ada banyak aturan hukum yang terdapat di

Ciri Ciri Peraturan Perundang-Undangan – Ciri-ciri dari peraturan perundang-undangan di Indonesia yang notabene adalah sebuah negara hukum, artinya segala bentuk pelanggaran yang terjadi harus diselesaikan melaui jalur hukum.

Ada banyak aturan hukum yang terdapat di Indonesia, salah satunya melaui peraturan perundang-undangan.

Pengertian peraturan perundang-undangan, ciri-ciri dari peraturan perundang-undangan, dan sifat-sifatnya akan dibahas secara umum pada tulisan kali ini.

Artikel ini akan menjelaskan ciri-ciri dari peraturan perundang-undangan yang dimiliki oleh negara Indonesia secara umum beserta pengertian, definisi serta sifat-sifat dan prinsip yang menyertainya secara umum.


Pengertian Peraturan Perundang-Undangan


√ Ciri Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia | Sifat dan Prinsipnya
darrareloadpulsa.com

Peraturan perundang-undangan merupakan sebuah regulasi yang dibuat dalam bentuk tertulis yang di dalamnya memuat norma-norma hukum.

Norma tersebut biasanya akan mengikat secara umum serta dibentuk dan ditetapkan oleh sebuah lembaga yang memiliki wewenang melalui prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam konteks negara Indonesia, secara singkat dapat disebutkan definisi dari peraturan perundang-undangan merupakan aturan tertulis yang disusun dan dibuat oleh sebuah lembaga negara.

Atau bahkan pejabat yang memeiliki kewenangan, kekuasaan, dan bersifat mengikat.


Ciri-Ciri Peraturan Perundang-Undangan


√ Ciri Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia | Sifat dan Prinsipnya
jalandamai.org

Dalam peraturan perundang-undangan terdapat beberapa karakteristik khusus dalam proses penyusunannya.

Seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 yang menjelaskan perihal jenis dan juga hierarki dalam peraturan perundang-undangan Republik Indonesia dengan besertakan ciri-cirinya.

Beikut beberapa penjelasan dari unsur-unsur serta ciri-ciri dari peraturan perundang-undangan yang dimiliki Indonesia secara umum.

Yang pertama, keputusan peraturan perundang-undangan diresmikan oleh pihak yang memiliki wewenang sesuai dengan langkah-langkah dan juga prosedur yang berlaku.

Kedua, isi dari peraturan perundang-undangan mengikat secara umum semua kalangan dan lapisan warga negara Indonesia.

Dapat dikatakan bahwa peraturan tidak hanya dibuat untuk mengikat kalangan atau golongan tertentu.

Ketiga, peraturan perundang-undangan nasional tersebut memiliki sifat yang abstrak dan pencegahan. Artinya, isinya mengatur suatu hal yang belum terjadi.

Secara singkat dapat disimpulkan bahwa peraturan perundang-undangan memiliki ciri-ciri yakni, dapat dikeluarkan dalam bentuk keputusan tertulis, dibentuk, dan ditetapkan serta dikeluarkan oleh pihak pejabat yang berwenang.

Yang mana aturan tersebut berisi tentang aturan pola tingkah laku. Selain itu, peraturan perundang-undangan tersebut bersifat mengikat dan tidak ditujukan kepada kalangan atau individu tertentu.


Sifat-Sifat


√ Ciri Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia | Sifat dan Prinsipnya
telusur.co.id

Beberapa sifat peraturan perundang-undangan yang harus dipenuhi ketika melakukan pengajuan suatu peraturan undang-undangan di Indonesia. Empat sifat tersebut antara lain:

1. Perundang-undangan terwujud dalam peraturan tertulis.

2. Peraturan perundang-undangan dibuat dan dikeluarkan oleh lembaga negara yang berwenang.

3. Peraturan perundang-undangan berisi aturan dan pola tingkah laku dan norma hukum yang menyertai.

4. Peraturan perundang-undangan secara umum bersifat mengikat dan menyeluruh.

5. Selain itu, peraturan perundang-undangan juga memiliki prinsip dalam hierarki peraturan perundang-undangan itu sendiri.

6. Berdasarkan pada peraturan yang telah ada.

7. Peraturan tertentu yang akan menjadi dasar yuridis.

8. Peraturan yang masih berlaku hanya boleh dicabut dan atau diubah dengan peraturan yang memiliki derajat yang sama atau peraturan yang lebih tinggi.

9. Peraturan yang baru haruslah mengesampingkan peraturan yang lama.

10. Peraturan yang lebih tinggi juga harus mengesampingkan peraturan yang lebih rendah.

11. Peraturan yang khusus juga harus mengesampingkan peraturan yang umum dan setiap peraturan memiliki materi berbeda.

Keyword: Ciri peraturan perundang-undangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *