√ Letak Geografis Indonesia | Dampaknya Pada Pembagian Iklim dan Waktu

Letak Geografis Indonesia Dampaknya Pada Pembagian Iklim dan Waktu

Letak Geografis Indonesia – Negara kita tercinta ini diapit atau berada pada posisi diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Letak geografis Indonesia berada diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Kata orang letak

Letak Geografis Indonesia – Negara kita tercinta ini diapit atau berada pada posisi diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Letak geografis Indonesia berada diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Kata orang letak geografis nusantara ini sih sangat strategis dan didukung pula oleh kekayaan alam yang melimpah. Tapi sungguh sayang karena ulah para maling berdasi yang korup negeri ini menjadi seperti sekarang ini.

Negara kita merupakan negara tropis yang memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Normalnya musim penghujan akan datang pada bulan Oktober dan musim kemarau akan datang bulan April.

Tetapi jika kita rasakan ternyata musim-musim ini kadang datang lebih cepat kadang datang lebih lambat. Wah tampaknya musim kemarau dan penghujan di negeri ini terkena datang bulan tidak teratur.

Pemerintah lupa kali ngasih obat datang bulan, soalnya terlalu sibuk “ngurusi” pembalakan liar atau kerennya illegal logging yang nggak kunjung selesai.

Yang pada akhirnya hutan sudah terlanjur habis, terjadi pemanasan global yang berakibat pada perubahan iklim.


Dampak Letak Geografis Indonesia


√ Letak Geografis Indonesia | Dampaknya Pada Pembagian Iklim dan Waktu
kintamani.id

Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar, ia terletak di kawasan Asia Tenggara. Letaknya sangat strategis, karena secara geografis Negara Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera.

Dua benua besar itu adalah benua Asia dan benua Australia. Sedangkan dua samudera yang mengapitnya adalah Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Posisinya yang terletak tepat di atas garis khatulistiwa juga menyebabkan tanah Indonesia menjadi daratan yang sangat subur.

Oleh karena itu Indonesia juga memiliki dua musim yang silih berganti, yaitu musim panas dan musim hujan, yang dipengaruhi oleh pergantian musim selama enam bulan sekali.

Sedangkan jika dilihat secara astronomis Indonesia terletak pada 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan) dan 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur).

Definisi Garis Lintang dan Garis Bujur

√ Letak Geografis Indonesia | Dampaknya Pada Pembagian Iklim dan Waktu
mikirbae.com

Teman-teman sudah tahu kan apa itu garis lintang dan garis bujur ? Nah, bagi yang belum tahu, berikut penjelasannya.

Garis Lintang adalah garis khayal pada peta atau bola dunia yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Berdasarkan garis lintang 6o LU (Lintang Utara) – 11o LS (Lintang Selatan), Indonesia berada di wilayah dengan iklim tropis dengan ciri-ciri:

  • Memiliki curah hujan tinggi
  • Terdapat sinar matahari sepanjang tahun
  • Memiliki hutan hujan tropis yang luas
  • erta memiliki suhu kelembaban udara yang tinggi.

Sedangkan garis bujur adalah garis khayal pada peta atau bola dunia yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi. Garis bujur ini akan berdampak pada waktu di sebuah negara.

Garis bujur 0o nya berada di Greenwich. Indonesia berada di garis bujur 95o BT (Bujur Timur) – 141o BT (Bujur Timur). Letak ini menyebabkan Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah waktu, yaitu :

1. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)

√ Letak Geografis Indonesia | Dampaknya Pada Pembagian Iklim dan Waktu
apaperbedaan.blogspot.com

Merupakan waktu yang berada di daerah-daerah Indonesia bagian barat.

Diantaranya adalah Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selisih WIB terhadap GMT (Greenwich Mean Time) ialah +7 jam.

2. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

√ Letak Geografis Indonesia | Dampaknya Pada Pembagian Iklim dan Waktu
winnetnews.com

Merupakan waktu yang berada di daerah-daerah Indonesia bagian tengah.

Diantaranya adalah Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Selisih WITA terhadap GMT (Greenwich Mean Time) adalah +8 jam.

3. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

√ Letak Geografis Indonesia | Dampaknya Pada Pembagian Iklim dan Waktu
worldnomads.com

Merupakan waktu yang berada di daerah-daerah Indonesia bagian timur. Diantaranya adalah Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Selisih WIT terhadap GMT (Greenwich Mean Time) adalah +9 jam.

Keyword: Letak Geografis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *