Macam-Macam Demokrasi | Sejarah dan Perkembangan Jenis Demokrasi

√ Macam-Macam Demokrasi | Sejarah dan Perkembangan Jenis Demokrasi
brilio.net

Macam-Macam Demokrasi – Demokrasi memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Hal ini karena demokrasi mampu menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.

Selain itu, demokrasi merupakan alat untuk mewujudkan pemerintah yang baik. Namun tahukah kamu dengan macam-macam demokrasi?

Dalam perkembangannya demokrasi telah diterima seluruh pemerintahan di dunia karena berprinsipkan good society and good government.

Bahkan, pemerintah sekalipun menggunakan atribut demokrasi untuk menggambarkan rezim mereka.

Meskipun sebagian besar negara-negara di dunia menggunakan mekanisme demokrasi dalam pemerintahannya, demokrasi yang diterapkan tiap-tiap negara berbeda.


Macam-Macam Demokrasi berdasarkan Tahapannya


√ Macam-Macam Demokrasi | Sejarah dan Perkembangan Jenis Demokrasi
nu.or.id

Pada awalnya, varian demokrasi ditentukan berdasarkan tahapan serta bentuk dan isinya.

Berdasarkan tahapannya, macam macam demokrasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu demokrasi langsung dan tidak langsung. Berikut pnejelasan lengkapnya.

1. Demokrasi Langsung

Jenis demokrasi yang mengikutsertakan rakyat secara langsung dalam menentukan policy atau kebijakan pemerintahan.

Demokrasi langsung terjadi pada tipe negara kota pada zaman Kuno. Mekanisme demokrasi dilakukan dengan mengumpulkan rakyat pada suatu tempat untuk membicarakan berbagai masalah kenegaraan.

2. Demokrasi Tidak Langsung

Pada era modern ini, demokrasi langsung tidak mungkin dilakukan karena wilayah negara semakin luas, jumlah penduduk terus bertambah, serta masalah dan urusan kenegaraan yang dihadapi semakin kompleks.

Dengan demikian, rakyat tidak lagi turut serta dalam urusan pemerintahan secara langsung, tetapi melalui wakil-wakilnya yang ditentukan melalui pemilihan umum.

Keterlibatan rakyat dalam urusan pemerintahan melalui wakil-wakilnya disebut demokrasi tidak langsung.


Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Bentuk dan Isi


√ Macam-Macam Demokrasi | Sejarah dan Perkembangan Jenis Demokrasi
bbc.com

Berdasarkan bentuk dan isinya, macam-macam demokrasi dibedakan menjadi demokrasi formal dan demokrasi materiel.

Demokrasi formal menitikberatkan pada bentuk demokrasi yang pemerintahannya dilakukan oleh orang banyak. Adapun demokrasi materiel menitikberatkan pada isinya.

Pasalnya demokrasi jenis ini digunakan untuk kepentingan bersama. Seiring perkembangan sejarah demokrasi, munculah berbagai macam demokrasi saat ini.

Demokrasi Modern dengan Sistem Presidensial

Prinsip-prinsip demokrasi modern dengan sistem presidensial memiliki ciri khas, yaitu pemisahan yang tegas antara fungsi legislatif dan fungsi eksekutif serta pemisahan yang tegas antara badan legislatif dan badan eksekutif.

Badan legislatif adalah badan yang memegang kekuasaan perundang-undangan yaitu badan perwakilan rakyat.

Pemisahan yang tegas antar badan dimaksudkan agar badan satu dengan lainnya tidak saling mempengaruhi dan mencampuri kewenangan yang dimiliki.

√ Macam-Macam Demokrasi | Sejarah dan Perkembangan Jenis Demokrasi
seraamedia.org

Demokrasi ini diterapkan di Amerika Serikat. Amerika Serikat menganut sistem pemisahan kekuasaan secara tegas.

Badan legislatif di Amerika Serikat adalah congress yang terdiri atas senat (senate) dan badan perwakilan rakyat (house of representatives) bekerjasama secara bikameral dalam membuat undang-undang termasuk konstitusi.

Senat adalah wakil dari negara-negara bagian. Tiap negara bagian mempunyai dua orang wakil sebagai senator, sedangkan dalam badan perwakilan rakyat tiap negara bagian diwakili oleh sejumlah wakil yang jumlahnya ditentukan berdasarkan jumlah penduduk negara bagian.

Sejak tahun 1913, baik senat maupun badan perwakilan rakyat anggota-anggotanya dipilih oleh para pemilih di tiap-tiap negara dalam pemilihan umum.

Susunan badan eksekutif di Amerika Serikat terdiri atas seorang Presiden sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala negara dibantu oleh seorang Wakil Presiden.

Dalam menjalankan pemerintahan sehari-hari, presiden dibantu oleh para menteri yang bertanggung jawab kepada Presiden.

Para menteri diangkat dan berhentikan oleh Presiden. Dalam hubungannya dengan lembaga legislatif, para menteri tidak dapat diberhentikan oleh badan perwakilan rakyat.

Para menteri tidak mempunyai hubungan pertanggungjawaban dengan badan perwakilan rakyat.

Kedudukan Presiden juga tidak dapat dijatuhkan oleh badan perwakilan rakyat. Sehubungan dengan tindakan politik negara yang menyimpang, selama masa jabatannya, kecuali jika presiden melakukan kejahatan-kejahatan dalam impeachment.

Keyword: Macam-Macam Demokrasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*