Pakaian Adat Kalimantan Timur Lengkap Makna dan Gambarnya

√ Pakaian Adat Kalimantan Timur Lengkap Makna dan Gambarnya
borneos.id

Pakaian Adat Kalimantan Timur – Kalimantan adalah salah satu pulau yang ada di provinsi Indonesia. Pulau Kalimantan merupakan pulau yang terkenal dengan sebutan Borneo yang memiliki 5 provinsi.

Provinsi yang terdapat di pulau Kalimantan ini terdiri dari provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Kalimantan mempunyai beragam suku dan budaya. Suku yang paling terkenal di Kalimantan yaitu suku dayak. Selain suku dayak, Kalimantan memiliki suku Banjar, Tidung, Paser, Berau dan Melayu.

Kalimantan Timur terletak di ujung pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Kalimantan memiliki tradisi turun menurun yang tak pernah dilupakan.

Salah satu kebudayaan yang masih sangat dikembangkan dan dipakai saat ini misalnya saja pakaian adat.

Pakaian adat Kalimantan Timur merupakan salah satu peninggalan nenek moyang pada zaman dahulu. Pakaian adat ini sering dikenal memang sangat terkenal dan berciri khas sekali.


Pakaian adat Kalimantan Timur


Berikut pakaian adat kalimantan timur lengkap beserta makna dan gambarnya:

#1 Pakaian Adat Kustin

√ Pakaian Adat Kalimantan Timur Lengkap Makna dan Gambarnya
bukubiruku.com

Pakaian adat ini berasal dari salah suku yang terdapat di Kalimantan Timur, yaitu suku kutai. Suku kutai ini memiliki arti busana dalam bahasa kutai.

Pakaian adat kustin ini terbuat dari bahan dasar kain beludru hitam dan pada bagian lengan, baju ini didesain dengan panjang dan berkerah tinggi. Pada bagian dada, baju adat ini dihiasi dengan pasmen.

Pakaian adat Kalimantan Timur ini terdiri dari 2 macam: Pada pakaian adat laki-laki, dibuat dengan desain setelan yang dipasangkan dodot rambut bundar dengan ditambahkan lambang wapen yang dipakai di bagian kepala laki-laki.

Bagian bajunya menggunakan pakaian adat kustin dan bagian celana didesain panjang. Sedangkan pada pakaian adat perempuan kustin yaitu dipasangkan dengan kelibun kuning yang terbuat dari kain sutera.

#2 Pakaian Adat ta’a dan Sapei Sapaq

√ Pakaian Adat Kalimantan Timur Lengkap Makna dan Gambarnya
artisanalbistro.com

Pakaian adat ta’a dan sapei sapaq ini mengandung makna tentang kebijakan dari kearifan masyarakat dayak dalam memanfaatkan sumber daya alam untuk aktivitas sehari-hari.

Pakaian adat sapei sapaq terdiri dari 2 macam yaitu untuk perempuan dan laki-laki.Pakaian adat untuk perempuan bernama ta’a sedangkan untuk laki-laki nama pakaian adanya disebut sape sapaq.

Pakaian ta’a ini terdiri dari baju atasan (inoq), rok (ta’a) dan ikat kepala (da’a) yang terbuat dari anyaman daun pandan yang dihiasi ukiran-ukiran khas Kalimantan.

Pada laki-laki, pakaian adat ini terdiri dari atasan berbentuk rompi, celana dalam ketat, serta aksesoris tambahan lainnya, seperti senjata tradisional Kalimantan Timur yang dinamai Mandau.

#3 Pakaian Adat Miskat

√ Pakaian Adat Kalimantan Timur Lengkap Makna dan Gambarnya
gramho.com

Pakaian miskat merupakan salah satu baju adat yang paling populer. Pada zaman dahulu, bagi sebagian masyarakatnya menggunakan pakaian miskat untuk dipakai sehari-hari.

Tetapi seiring perkembangan zaman, pemerintah provinsi Kalimantan Timur ini telah menetapkan sebagai salah satu seragam PNS yang digunakan hari kamis. Pakaian adat miskat berbentuk setelan.

Jika dikenakan untuk laki-laki, baju atasan berbentuk seperti baju kurung, sedangkan pada bagian bawahannya menggunakan celana panjang dengan dihiasi tambahan kain batik.

Jika yang memakain wanita, bagian atasnya berbentuk seperti baju biasa dengan menggunakan bawahan rok kain batik..

#4 Pakaian Adat Bulang Kuurung

√ Pakaian Adat Kalimantan Timur Lengkap Makna dan Gambarnya
borneos.id

Bulang kuruung adalah pakaian adat yang biasa digunakan saat upacara adat dan acara tradisional. Pakaian adat bulang kuurung sering dikenakan oleh dukun.

Pakaian ini terbagi menjadi beberapa desain pakaian yaitu tanpa lengan, dan lengan panjang. Pakaian tanpa lengan ini dinamakan dekot, sedangkan pakaian berlengan panjang dinamakan lengke.

Jenis pakaian ini merupakan pakaian yang khusu diciptakan dan dikenakan oleh para dukun dari Kalimantan Timur.

Itulah pakaian adat Kalimantan Timur yang bisa kamu ketahui sehingga dapat dijadikan wawasan bagi yang belum mengetahuinya. Terima kasih telah membaca.

Salam hangat dari penulis dan semoga kalian semua berbahagia.

Keyword: Pakaian Adat Kalimantan Timur

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*