Pakaian Adat Kalimantan Utara Lengkap Makna dan Gambar

√ Pakaian Adat Kalimantan Utara Lengkap Makna dan Gambar
jadiberita.com

Pakaian Adat Kalimantan Utara – Kalimantan utara adalah salah satu provinsi yang terletak di bagian utara pulau Kalimantan dan berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah dan Sarawak yang merupakan bagian dari negara tetangga Indonesia, yaitu Malaysia.

Jumlah penduduk provinsi Kalimantan Utara 691.058 jiwa (wikipedia, 2017). Pusat pemerintahan provinsi Kalimantan Utara berada di kota Tanjung Selor.

Kalimantan utara merupakan provinsi yang baru diresmikan oleh pemerintah Indonesia.

Tanggal 25 Oktober 2012 lebih tepatnya yang merupakan tanggal diresmikan sebagai provinsi baru sesuai UU No. 20 Tahun 2012 dalam rapat paripurna DPR dan pada saat itu pula menteri dalam negeri melantik Irianto Lambrie sebagai Gubernur Kalimantan utara.

Penduduk Kalimantan Utara merupakan hasil program transmigrasi yang diadakan oleh pemerintah.

Penduduk transmigran ini banyak yang berasal dari Jawa, Sulawesi Selatan, dan penduduk asli yang berada di Kalimantan yang terdiri dari suku Dayak, Banjar, Tidung, Bulungan, dan kutai.

Sub suku Dayak yang mendiami provinsi Kalimantan Utara yaitu suku dayak kenyah yang juga merupakan sebagian suku yang mendiami Kalimantan Timur.

Provinsi Kalimantan Utara tersendiri sebelumnya tergabung dengan provinsi Kalimantan Timur. Karena provinsi Kalimantan Timur lebarnya sangat luas, maka dipecahlah menjadi dua provinsi sehingga menjadi provinsi baru yang bernama Kalimantan Utara.

Maka tak heran budaya Kalimantan Utara terdapat banyak kesamaan dengan budaya Kalimantan Timur. Contohnya dari segi pakaian.


Pakaian Adat Kalimantan Utara


Pakaian Adat Kalimantan Utara ternyata memiliki pakaian adat yang hampir sama dengan pakaian adat yang berasal dari Kalimantan Timur, tetapi sebenarnya pakaian dari kedua provinsi ini memiliki perbedaan yang mencolok, seperti yang dijelaskan dibawah ini.

#1 Baju Ta’a (Pakaian adat Kalimantan Utara untuk perempuan)

√ Pakaian Adat Kalimantan Utara Lengkap Makna dan Gambar
seringjalan.com

Pakaian adat Kalimantan Utara ini merupakan pakaian adat untuk perempuan dayak. Pakaian ini terbuat dari kain beludru berwarna hitam yang dihiasi dengan manik-manik yang dijahit pada baju.

Pakaian ta’a terdiri dari setelan yang ditambahkan dengan penutup kepala berhias bulu enggang, gelang dan kalung.

Bagian atasan, baju ini mempunyai desain seperti rompi tanpa lengan dan pada bagian bawah didesain dengan rok dengan motif yang sama seperti atasan.

Ta’a sering disamakan dengan pakaian sapei sapaq. Namun terdapat perbedaan yang dapat membedakan antara pakaian ta’a dan sapei sapaq. Yang membedakan diantara keduanya adalah motif.

Ta’a dan sapei sapaq mempunyai 3 motif, yaitu motif enggang, tumbuhan dan harimau atau hewan lainnya.

Baju yang bermotif hewan enggang dan harimau adalah motif yang dipakai untuk kaum bangsawan sedangkan baju yang mempunyai motif tumbuhan adalah motif yang dipakai untukr akyat biasa.

#2 Baju Sapei Sapaq (Pakaian adat Kalimantan Utara untuk laki-laki)

√ Pakaian Adat Kalimantan Utara Lengkap Makna dan Gambar
jadiberita.com

Pakain adat Kalimantan Utara ini merupakan pakaian yang dipakai untuk laki-laki. Yang membedakan antara baju sapei sapaq dan baju ta’a ini adalah setelah pada bagian bawahan.

Pada zaman dulu, bawahan baju ini menggunakan gulungan selendang yang dililit sehingga membentuk menjadi seperti celana.

Tetapi seiring perkembangan zaman, bawahan baju adat ini sudah diganti menggunakan celana pendek karena banyak yang menilai bawahannya kurang bagus untuk dilihat.

Baju sapei sapaq ini tidak hanya dipakai menggunakan baju saja, biasanya pakaian ini menggunakan aksesori tambahan yaitu senjata tradisional khas Kalimantan Utara yang bernama mandau yang diletakkan di bagian pinggang.

Selain senjata tradisional, terdapat aksesori lainnya seperti perisai perang, kalung yang terbuat dari bahan alam. Biasanya bahan alam ini terbuat dari taring babi, tulang dan biji-bijian.

Itulah pakaian adat Kalimantn Utara yang bisa kamu ketahui dan bisa menjadi bahan referensi belajar juga.

Tentunya masih terdapat pakaian adat lainnya dan yang telah disebutkan diatas hanya sebagian dari budaya Kalimantan Utara tersendiri.

Keyword: Pakaian Adat Kalimantan Utara

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*