√ Pengertian Agama Beserta Fungsi, Tujuan dan Unsurnya

Pengertian Agama Beserta Fungsi, Tujuan dan Unsurnya

Pengertian Agama – Agama adalah sebuah sistem yang mengatur tentang kepercayaan, sistem budaya, serta pandangan dunia yang menghubungkan manusia terhadap tatanan atau perintah dari kehidupan.

Dan umumnya agama saat ini banyak yang mempunyai identitas lambang, simbol, atau narasi dan sejarah suci yang mempunyai maksud untuk menjelaskan apa itu makna kehidupan dan menjelaskan asal usul kehidupan atau pun alam semesta.

Ketika seseorang mempunyai keyakinan yang mereka percaya masing-masing menurut pandangan mereka, mereka akan memperoleh tentang etika, moralitas, hukum agama, atau pun gaya hidup yang disenangi.

Menurut perkiraan atau penelitian bahwa agama di dunia saat ini tidaklah sedikit, ada sekitar 4.200 agama yang dipercayai menurut perkiraan. Akan tetapi agam yang terlihat atau yang sangat menonjol di dunia ini tidaklah lebih dari 50 agama.

Begitu banyak agama yang mungkin telah mengorganisir perilaku, kependetaan, arti tentang apa yang merupakan sebuah ketaatan atau keanggotaan, kitab suci, atau tempat-tempat suci.

Dalam prakteknya juga meliputi berbagai macam cara menurut masing-masing agama seperti khotbah, ritual, peringatan atau pemujaan kepada tuhan, pengorbanan, dewa atau dewi, pesta, festival, inisiasi, trance.

Jasa penguburan,meditasi, layanan pernikahan, meditasi, musik, doa, tarian, seni, layanan masyrakat atau aspek lain dari sebuah budaya manusia. Dan bisa jadi sebuah agama mungkin mengandung sebuah mitologi.

Iman atau sistem kepercayaan kadang-kadang menggantikan dalam penggunaan dari kata agama.

Akan tetapi menurut Emile Durkheim bahwa agama merupakan sebuah sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktek yang berhubungan dengan hal-hal yang suci.

Selain itu Emile Durkheim juga mengatakan bahwa agama juga berbeda dari sebuah keyakinan personal atau pribadi bahwa agama itu merupakan sesuatu yang nyata sosial.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2012 melaporkan bahwa penduduk dunia 59% nya mempunyai agama atau beragama menurut keyakinan masing-masing.

36% tidak mempunyai kepercayaan yang tidak diikutinya termasuk 13% yang mengikuti atau beridentitaskan ateis.

Pada tahun 2005 sampai sekarang menurut penelitian terdapat penurunan agama sebesar 9%. Dan dikatakan bahwa seorang wanita lebih religious dari pada seorang laki-laki.


Pengertian Agama Menurut Beberapa Ahli


√ Pengertian Agama Beserta Fungsi, Tujuan dan Unsurnya
rawpixel.com

Menurut para ahli yang terdapat di Indonesia sendiri bahwa istilah agama digunakan untuk menyebut enam agama resmi yang diakui oleh negara yaitu Islam, Kristen, Protestan, Hinduisme, Budhaisme, serta Konghuchu.

Dan semua sistem keyakinan atau kepercayaan yang tidak diketahui atau belum diakui disebut dengan “religi”.

Kemudian agama merupakan sebuah perangkat aturan dan peraturan yang mengatur hubungan antara manusia dengan dunia ghaib, terutama dan yang paling di khususkan berinteraksi dengan Tuhannya.

Dan secara khusus bahwa agama merupakan sebuah sistem keyakinan yang diikuti dan melakukan tindakan-tindakan yang diwujudkan oleh suatu masyarakat.

Atau kelompok dalam menginterpretasikan dan memberikan tanggapan terhadap apa yang dirasakan dan dipercayai atau diyakininya sebagai yang suci atau ghaib.

Bagi para penganut atau pengikutnya, agama mempunyai isi atau berisikan tentang ajaran-ajaran terkait kebenaran yang mutlak dan tertinggi terhadap eksistensi manusia dan petunjuk-petunjuk untuk supaya selamat saat di dunia dan di akhirat kelak.

Oleh karena itu agama bisa menjadi salah satu bagian dan sebuah inti tentang sistem-sistem nilai yang terdapat dalam kebudayaan dari masyarakat yang bersangkutan, dan juga menjadi salah satu pendorong serta pengontrol.

Agar tetap berjalan sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan serta ajaran-ajaran yang terdapat dalam agama yang dianutnya atau pun yang diyakini dan dipercayai.

Agar lebih memahami apa arti agama, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Anthoni F. C. Wallace

Menurut Anthoni F. C. Wallace, pengertian agama adalah seperangkat upacara yang diberi rasionalisasi melalui adanya mitos dan menggerakkan kekuatan supranatural agar terjadi perubahaan keadaan pada manusia dan alam semesta.

2. Émile Durkheim

Menurut Émile Durkheim, arti agama adalah suatu sistem yang terdiri dari kepercayaan serta praktik yang berhubungan dengan hal suci dan menyatukan para penganutnya dalam suatu komunitas moral (umat).

3. Nicolaus Driyarkara SJ

Menurut Nicolaus Driyarkara SJ, pengertian agama adalah suatu kenyakinan karena adanya kekuatan supranatural yang mengatur serta menciptakan alam dan seisinya.

4. Jappy Pellokila

Menurut Jappy Pellokila, pengertian agama adalah suatu keyakinan yang percaya dengan adanya tuhan yang maha esa serta mempercayai hukum-hukumnya.

5. Damianus Hendropuspito

Menurut Damianus Hendropuspito, pengertian agama adalah suatu sistem nilai yang mengatur hubungan antara manusia dengan alam semesta yang memiliki keterkaitan dengan keyakinan.


Fungsi Agama


√ Pengertian Agama Beserta Fungsi, Tujuan dan Unsurnya
dreamstime.com

Berikut beberapa fungsi agama:

  1. Sebagai pedoman hidup manusia dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu maupun kelompok.
  2. Sebagai sumber aturan tata cara hubungan manusia dengan Tuhannya, dan juga sesama manusia.
  3. Sebagai pedoman bagi manusia dalam mengungkapkan rasa kebersamaan dengan sesama manusia.
  4. Sebagai pedoman perasaan keyakinan manusia terhadap sesuatu yang luar biasa (supranatural) di luar dirinya.
  5. Sebagai cara manusia mengungkapkan estetika/ keindahan alam semesta dan segala isinya.
  6. Sebagai cara untuk memberikan identitas kepada manusia sebagai umat dari suatu agama.

Tujuan Agama


√ Pengertian Agama Beserta Fungsi, Tujuan dan Unsurnya
kompasiana.com

Berikut beberapa tujuan agama:

  1. Untuk membimbing manusia dalam menjalani kehidupannya dengan cara lebih baik melalui pengajaran dan aturan, dimana ajaran dan aturan tersebut dipercaya berasal dari Tuhan.
  2. Untuk menyampaikan firman Tuhan kepada umat beragama, berupa ajaran-ajaran kebaikan dan aturan berperilaku bagi manusia.
  3. Untuk membimbing manusia menjadi individu yang berakal baik dan dapat menemukan kebahagiaan di dunia dan akhirat.
  4. Untuk membuka jalan bagi manusia yang ingin bertemu dengan penciptanya, yaitu Tuhan Yang Maha Esa, ketika mati kelak.

Unsur-Unsur Agama


Menurut seorang ahli bernama Calhoun, Keller, and Leight, agama terdiri dari beberapa unsur, antara lain:

  1. Adanya suatu unsur berupa kepercayaan terhadap agama yang menjadi prinsip dan mengandung suatu kebenaran yang tidak dapat diragukan lagi.
  2. Adanya simbol dari sebuah agama yang menjadi identitas.
  3. Adanya praktik dalam keagamaan yang menjadi suatu bentuk konkret adanya hubungan antara manusia dengan Tuhannya dan hubungan antar umat beragama.
  4. Adanya pengalaman keagamaan baik itu berbentuk pengalaman yang diyakini penganutnya ataupun secara pribadi.
  5. Adanya umat yang beragama yaitu masing masing penganut agama yang bersangkutan.

Keyword: Pengertian Agama

Leave a Comment