√ Pengertian Cerpen Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Cerpen Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian cerpen (cerita pendek) adalah jenis karya sastra berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan/menggambarkan suatu kisah yang dialami oleh suatu tokoh secara ringkas disertai dengan berbagai konflik dan terdapat penyelesaian atau solusi dari masalah yang dihadapi.

Cerita pendek memberikan kesan tunggal atau fokus pada satu tokoh, mempunyai kurang dari 10.000 kata dan di dalamnya terdapat klimaks (puncak masalah) dan penyelesaian. Cerpen cenderung singkat, padat, dan langsung pada tujuannya.


Pengertian Cerpen Secara Umum


√ Pengertian Cerpen Secara Umum dan Menurut Para Ahli
penuliscilik.com

Secara umum pengertian cerpen adalah sebuah karangan pendek yang mengisahkan seorang tokoh dengan sebuah masalah beserta penyelesaiannya.

Sesuai namanya, cerpen haruslah pendek dan ringkas sehingga diberi nama cerita pendek. Kurang lebih cerpen harus kurang dari 10 ribu kata, jika lebih maka sudah termasuk kategori novel.

Secara umum cerpen juga dapat diartikan sebagai jenis karya sastra yang berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan kisah yang dialami oleh tokoh secara ringkas dan pendek.

Disertai dengan berbagai konflik dan terdapat penyelesaian atau solusi dari masalah yang dihadapi. Cerpen disajikan secara pendek, ringkas dan singkat.


Pengertian Cerpen Menurut KBBI


√ Pengertian Cerpen Secara Umum dan Menurut Para Ahli
pixabay.com

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) cerpen merupakan sebuah kisah pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (pada suatu ketika).


Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli


√ Pengertian Cerpen Secara Umum dan Menurut Para Ahli
hatma.net

Definisi cerpen menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Menurut Nugroho Notosusanto

Menurut Nugroho cerpen merupakan sebuah cerita yang panjang ceritanya berkisar 5000 kata atau perkiraan hanya 17 halaman kuarto spasi rangkap serta terpusat pada dirinya sendiri.

2. Menurut Sumardjo dan Saini

Pengertian cerpen adalah cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi, tetapi bisa saja terjadi kapanpun serta dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek dan singkat.

3. Menurut Priyatni

Priyatni mengemukakan cerpen adalah bentuk karya fiksi yang memperlihatkan sifat yang serba pendek, baik peristiwa yang diungkapkan, jumlah pelaku, isi cerita dan jumlah kata yang digunakan. Perbandingan ini dikaitkan dengan bentuk prosa lain, yakni novel.

4. Menurut Hendy

Pengertian cerpen adalah suatu karangan yang berkisah pendek yang mengandung kisahan tunggal.

5. Menurut Aoh. K.H

Pengertian cerpen adalah salah satu karangan fiksi yang biasa disebut juga dengan kisahan prosa pendek.

6. Menurut Sayuti

√ Pengertian Cerpen Secara Umum dan Menurut Para Ahli
pixabay.com

Menurut Sayuti, teks cerpen menunjukkan kualitas yang bersifat pemadatan, pemusatan dan pendalaman, yang semuanya berkaitan dengan panjang cerita dan kualitas struktural yang diisyaratkan oleh panjang cerita itu.

7. Menurut Tarigan

Pengertian cerpen menurut pendapat Tarigan adalah cerita rekaan yang masalahnya singkat, jelas dan padat dan terkonsentrasi pada suatu peristiwa atau kejadian.

8. Menurut Jacob

Jacob berpendapat cerpen adalah cerita fiksi pendek yang selesai dibaca dalam sekali duduk. Cerita pendek hanya memiliki satu arti, satu krisis dan satu efek untuk pembacanya. Pengarang cerpen hanya ingin mengemukakan suatu hal secara tajam.

9. Menurut The Liang dan A. Widyamartaya

Pengertian cerpen adalah cerita khayal berbentuk prosa yang pendek, biasanya di bawah 10.000 kata, tujuannya menghasilkan kesan kuat dan mengandung unsur-unsur drama. Oleh karena itu alurnya pun disebut konflik dramatik.

10. Menurut Kosasih

Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam cerita pendek dikisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh dengan pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan pembaca.

Demikian adalah artikel mengenai pengertian cerpen telah kami ulas. Semoga bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Cerpen

Leave a Comment