Pengertian Inflasi | Jenis Berdasarkan Sifat dan Asal Usulnya

Ketika mendengar berita ekonomi, mungkin anda sering mendengar istilah inflasi. Dalam arti sederhana, pengertian inflasi adalah periode dimana harga-harga naik secara umum dan berlangsung cukup lama.

Penyebabnya sering kali dipicu oleh ketidakseimbangan antara arus barang dengan uang dalam suatu perekonomian.

Misalnya ketika permintaan akan barang atau jasa semakin banyak, tetapi berbanding terbalik terhadap ketersediaannya di pasar yang cenderung menurun.


Jenis-Jenis Inflasi Berdasarkan Sifatnya


√ Pengertian Inflasi | Jenis Berdasarkan Sifat dan Asal Usulnya
jurnal.id

Setiap negara umumnya rentan terkena inflasi. Maka kondisi inflasi ini sebisa mungkin harus dihindari, karena akan memicu terjadinya krisis ekonomi ringan hingga berat. Jenis-jenis inflasi pun beragam.

Berdasarkan sifatnya, inflasi terbagi ke dalam 4 jenis yang meliputi:

1. Inflasi Ringan (Creeping Inflation)

Inflasi ringan ditandai dengan peningkatan laju inflasi yang tergolong rendah. Biasanya, persentasenya pun hanya kurang dari 10% dalam satu tahun. Ciri dari inflasi ini adalah kenaikan harga yang relatif lambat dan berlangsung perlahan-lahan.

2. Inflasi Sedang (Galloping Inflation)

√ Pengertian Inflasi | Jenis Berdasarkan Sifat dan Asal Usulnya
alinea.id

Inflasi ini sedikit lebih tinggi dibandingkan inflasi ringan. Lajunya berkisar antara 10-30% per tahun. Akibat terjadinya inflasi ini bisa saja langsung ditandai dengan kenaikan harga yang cukup drastis dalam waktu singkat.

3. Inflasi Berat (High Inflation)

Sesuai dengan namanya, kategori inflasi ini termasuk yang berat, mencakup hitungan mulai dari 30-100% setahun. Pada masa ini tentunya harga kebutuhan masyarakat akan naik dan sulit untuk dikendalikan.

Pasalnya inflasi juga dapat mengurangi minat masyarakat untuk menabung di bank karena bunga yang terlalu rendah dari laju angka inflasi.

4. Inflasi Sangat Berat (Hyper Inflation)

Jenis inflasi ini sangat dirasakan pengaruhnya karena terjadi secara besar-besaran dan mencapai lebih dari 100% setahun. Indonesia pun pernah mengalami hyper inflation ini.

Bahkan mencapai 600% di tahun 1998 hingga terjadilah krisis ekonomi. Pemicunya, karena beredarnya uang secara besar-besaran demi menutup defisit anggaran pada waktu itu.


Jenis-Jenis Inflasi berdasarkan Asalnya


√ Pengertian Inflasi | Jenis Berdasarkan Sifat dan Asal Usulnya
liputan6.com

Di samping berdasarkan sifat, jenis-jenis dalam suatu negara juga bisa dibedakan berdasarkan asalnya.

1. Inflasi Dalam Negeri

Inflansi jenis ini merupakan salah satu faktor terjadinya defisit dalam APBN. Pasalnya pemerintah akan memutuskan untuk membiayai APBN.

Sehingga akan melakukan percetakan uang baru dan dapat meningkatkan jumlah uang yang beredar.

Dengan meningkatnya jumlah uang yang beredar ini akan meningkatkan harga-harga kebutuhan. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya inflasi dalam negeri tersebut.

2. Inflasi Luar Negeri

√ Pengertian Inflasi | Jenis Berdasarkan Sifat dan Asal Usulnya
akuratnews.com

Terakhir, jenis inflasi yang datangnya dari luar negeri. Inflasi ini muncul karena naiknya harga-harga kebutuhan di luar negeri atau di negara-negara mitra dagang.

Karena harga kebutuhan di luar negeri meningkat, otomatis harga barang tersebut pada saat dijual kembali di Indonesia juga akan menjadi tinggi.

Inflasi memberi dampak negatif yang cukup signifikan bagi kehidupan sehari-hari. Kemerosotan nilai uang yang tidak terkendali, otomatis menyebabkan masyarakat kesulitan membeli kebutuhan pokok.

Sebagai contoh, bila sebelumnya dengan uang Rp 100.000 kita bisa membeli 10 kg beras jenis tertentu. Dengan adanya penurunan nilai mata uang ini maka anda bisa saja membeli beras dengan harga Rp 100.000 namun tidak mendapatkan 10 kg.

Pasalnya setiap komponen memiliki bobot yang berbeda dan mampu mempengaruhi penurunan nilai mata uang.

Nah, khusus untuk bahan makanan seperti beras sendiri, termasuk ke indeks yang paling terpengaruhi nomor satu ketika inflasi terjadi.

Harga beras di pasaran bisa saja langsung melonjak akibat inflasi mata uang. Hal itu berbeda dengan kenaikan tarif transportasi umum yang tidak berpengaruh signifikan.

Begitulah ulasan singkat mengenai pengertian inflasi beserta jenis-jenisnya.

Keyword: Pengertian Inflasi

Leave a Comment