√ 15 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

15 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Pengertian sistem politik Indonesia adalah sebuah sistem politik yang berlaku di Indonesia. Sistem politik Indonesia merupakan sistem politik yang dianut oleh Indonesia yang berdasarkan nilai budaya Indonesia yang bersifat turun-temurun.

Sistem yang juga bisa diadopsi dari nilai budaya asing yang positif bagi pembangunan sistem politik Indonesia.


Perubahan Pengertian Sistem Politik Indonesia


√ 15 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli
hitamandbiru.blogspot.com

Sebelum amandemen UUD 1945, pengertian sistem politik Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik. Sedangkan setelah amandemen UUD 1945, pokok-pokok sistem politik di Indonesia adalah sebagai berikut:

a. Bentuk negara adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahan adalah Republik. NKRI terbagi dalam 34 daerah provinsi dengan menggunakan prinsip desentralisasi yang luas, nyata, dan bertanggung jawab. Dengan demikian, terdapat pemerintah pusat dan pemerintah daerah,

b. Kekuasaan eksekutif berada di tangan presiden,

c. Tidak ada lembaga tertinggi dan lembaga tinggi negara, yang ada lembaga-lembaga negara seperti MPR, DPR, DPD, BPK, presiden, MK, KY dan MA,

d. DPA ditiadakan yang kemudian dibentuk sebuah dewan pertimbangan yang berada langsung di bawah presiden, dan

e. Kekuasaan membentuk UU ada ditangan DPR.


Pengertian Sistem Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli


√ 15 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli
hitamandbiru.blogspot.com

Secara umum sistem politik merupakan mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam hubungan satu sama lain yang menunjukan suatu proses yang langsung memandang dimensi waktu (melampaui masa kini dan masa yang akan datang).

1. Samuel P. Huntington

Pengertian sistem politik menurut Samuel P. Huntington bahwa sistem politik terbagi atas 5 definisi yaitu:

  • a. Sistem politik sebagai Budaya
  • b. Sistem politik sebagai struktur
  • c. Sistem politik sebagai kelompok
  • d. Sistem politik sebagai kepemimpinan
  • e. Sistem politik sebagai kebijakan

2. Robert Dahl

Menurut Robert Dahl sistem politik adalah suatu pola yang tetap dari hubungan manusia yang melibatkan makna yang luas dari kekuasaan, aturan-aturan, dan kewenangan.

3. Sri Soemantri

Sri Soemantri menyatakan bahwa sistem politik adalah pelembagaan dari hubungan antara manusia yang dilembagakan dalam bermacam macam badan politik, baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.

4. David Easton

Sistem politik adalah sebuah sistem yang terdiri dari alokasi nilai-nilai dan pengalokasian nilai-nilai yang ada bersifat paksaan serta mengikat masyarakat secara keseluruhan.

Davin Easton juga menambahkan bahwa sistem politik dapat dikenali sebagai sebuah interaksi yang diabstraksikan dari seluruh tingkatan sosial, melalu makna nilai-nilai dialokasikan secara otoritatif kepada masyarakat.

5. Gambriel Almond

Menurut Gambriel Almond sistem politik adalah sebuah sistem interaksi yang dapat ditemukan dalam masyarakat merdeka (The political system is a system of interaction that can be found in a free society), yang menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi.

6. Rusadi Sumintapura

Menurut Rusadi Sumintapura sistem politik adalah mekanisme seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik dalam hubungan satu sama lain yang menunjukkan suatu proses yang langgeng.

√ 15 Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli
nasional.kompas.com

7. Sukarna

Pengertian sistem politik menurut Sukarna, sistem politik adalah tata cara mengatur negara.

8. Drs. Sukarno

Sistem politik adalah sekumpulan pendapat, prinsip yang membentuk satu kesatuan yang berhubungan satu sama lain untuk mengatur pemerintahan.

Serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau dengan negara dan hubungan antar negara.

9. Rusadi Kartaprawira

Pengertian sistem politik adalah mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik yang berhubungan satu sama lain dan menunjukkan suatu proses yang langgeng.

10. Drh. Wiku Adisasmito

Pengertian sistem politik adalah suatu dugaan abstrak dari kekuatan-kekuatan yang berbenturan antara negara dan pemerintah.

11. Mohammad Bahrudin Podomi

Sistem politik adalah rangkaian metode yang bersifat sistematis, terstruktur, dan fleksibel terhadap faktor-faktor internal maupun eksternal.

12. Drs. Abdul Kadir

Sistem politik adalah suatu sitem yang legitimate, sistem yang memelihara ketertiban (order-maintaining) atau sistem yang mentransformasi (transforming system) dalam suatu masyarakat.

bacaekon.com

13. Fredrick W. Frey

Pengertian sistem politik adalah sistem interaksi dalam suatu masyarakat melalui mana alokasi nilai-nilai yang mengikat dan bersifat otoritatif dibuat dan diimplementasikan.

14. Prof. Sri Sumantri

Sistem politik adalah kelembagaan dari hubungan antara manusia yang berupa hubungan antara suprastruktur dan infrastruktur politik.

15. Prayetno

Pengertian sistem politik adalah sejumlah lembaga atau aktivitas politik di masyarakat yang berfungsi mengubah input (demand, support dan resources) menjadi kebijakan yang otoritatif bagi masyarakat (out-put).

Demikian sedikit penjelasan mengenai pengertian sistem politik, semoga bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Sistem Politik

Leave a Comment