4 Penyebab Gempa Bumi Pengertian, Akibat dan Cara Menanggulanginya

√ 4 Penyebab Gempa Bumi | Pengertian, Akibat dan Cara Menanggulanginya
inet.detik.com

Kita semua sepakat bahwa negara kita, Indonesia seringkali diguncang oleh bencana gempa bumi.

Dampak yang diakibatkan oleh gempa bumi sangatlah besar. Semisal rusaknya beragam infrastruktur pemerintah serta hancurnya bangunan-bangunan rumah.

Tak heran jika bencana gempa bumi ini menelan puluhan hingga ratusan korban jiwa, baik dari dewasa maupun yang masih anak-anak.

Kebanyakan dari mereka belum sempat menyelamatkan diri. Hingga akhirnya ikut tertimbun bersama reruntuhan.

Tim SAR yang diterjunkan oleh pemerintah dengan sigap menelusuri reruntuhan bangunan menggunakan beragam peralatan berat maupun ringan.

Hal ini bertujuan agar proses penyelamatan terhadap korban yang masih selamat dapat tertolong segera.

Tidak hanya korban jiwa, gempa bumi juga mengakibatkan efek psikis bagi mereka yang masih dibawah umur, bahkan sampai usia remaja sekali pun.

Oleh karena itu, tim relawan dari berbagai penjuru turut hadir agar trauma terhadap gempa bumi tersebut tidak mengganggu masa depan mereka nanti.


Pengertian Gempa Bumi


Secara istilah, Gempa Bumi merupakan suatu guncangan yang bergetar pada permukaan bumi.

Meskipun padat, akan tetapi bumi senantiasa bergerak. Gempa bumi terjadi akibat pergerakan sebuah tekanan yang sudah terlalu besar dan sulit untuk ditahan.


Penyebab Gempa Bumi


Terdapat beberapa macam penyebab gempa bumi yang kita ketahui selama ini. Seperti akibat ledakan gunung berapi, aktifitas gerakan tektonik, hujan meteor dan runtuhnya gua pada perut bumi.

Untuk itu, pada artikel ini kami akan mengulas mengenai penyebab gempa bumi dan cara menanggulanginya.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk masyarakat bahwa bencana alam sejatinya tak bisa dihentikan. Akan tetapi, sebaiknya diantisipasi agar dapat meminimalisir kerugian serta korban jiwa.

Mari, simak beberapa penyebab gempa bumi di bawah ini.

1. Jatuhnya Meteor

Mulanya, banyak orang beranggapan bahwa gempa bumi diakibatkan oleh hujan meteor yang menghantam bumi. Dari hantaman meteor itulah, sebuah lubang besar tercipta layaknya sebuah kawah gunung berapi.

Jatuhnya meteor tersebut memiliki kekuatan getaran yang amat kecil. Sehingga, sangat kecil kemungkinannya apabila gempa dari meteor tersebut mengakibatkan kerusakan infrastruktur bangunan.

2. Aktifitas Tektonik alias Pergerakan Lempeng Bumi

Aktifitas tektonik pada lempeng bumi merupakan penyebab  gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan serius pada infrastruktu bangunan. Setidaknya, hampir 90% penyebab gempa bumi berasal dari aktifitas tektonik.

Pergerakan tektonik yang berangsur-angsur dapat memicu proses terjadinya pembentukan gunung. Pelepasan tenaga dari pergerakan lempengan bumi menimbulkan getaran pada permukaan bumi.

3. Runtuhnya Goa pada Perut Bumi

Sebagian pakar geografi berpendapat bahwa runtuhnya beberapa goa besar pada perut bumi merupakan salah satu penyebab  gempa bumi. Sayangnya, pendapat itu salah. Karena kejadian semacam itu tidak mungkin bisa terjadi.

Reruntuhan dalam perut bumi itu terjadi pada kawasan pertambangan bawah tanah atau penggalian batu kapur dan sejenisnya hanya menimbulkan getaran kecil yang hanya meliputi lingkungan setempat.

Tidak sampai terjadi kerusakan infrasutruktur pada permukaan bumi (seperti gempa bumi kebanyakan)

4. Kegiatan Gunung Berapi Aktif (Vulkanik)

Kegiatan gunung berapi menjadi salah satu penyebab gempa bumi. Gempa yang disebabkan oleh gunung berapi biasa disebut dengan istilah gempa bumi vulkanik.

Biasanya gempa bumi vulkanik terjadi selama proses ledakan atau keluarnya lava dari gunung berapi.

Penyebab gempa bumi vulkanik diakibatkan terjadinya pergesekan antara dinding gunung berapi dengan magma. lalu diikuti gas lainnya bertekanan kuat.

Pergesekan ini terjadi saat magma bergerak secara tiba-tiba dan menimbulkan sebuah ledakan pada dapur magma.

Sebetulnya gempa bumi vulkanik mempunyai potensi area kerusakan yang cukup rendah. Umumnya, gempa bumi vulkanik dirasakan oleh daerah sekitar gunung yang masih aktif tersebut.

Total dari seluruh gempa bumi di Indonesia, hampir 7% diantaranya tergolong pada gempa bumi vulkanik.

Meskipun begitu, kerusakan yang diakibatkan gempa bumi vulkanik dinilai lumayan besar. Karena gempa bumi vulkanik juga disertai adanya letusan gunung berapi berupa magma serta awan panas.

Menurut letak aktifitas magma, gempa bumi vulkanik dikelompokkan dalam 4 jenis, yakni:

  • Getaran vulkanik atau tremor`
  • Gempa bumi vulkanik dangkal
  • Gempa bumi vulkanik dalam
  • Gempa bumi ledakan

Getaran Vulkanik atau Tremor

Suasana panik akan menghantui beberapa warga area gunung berapi manakala getaran vulkanik berjalan terus menerus. Sumber gempa dari getaran vulkani berada pada kedalaman 30 kilometer, kemudian merambat ke permukaan.

Getaran vulkanik diakibatkan adanya gempa bumi dangkal yang diiringi dengan letusan secara terus menerus.

Gunung berapi dengan berjenis batuan basalt akan lebih kuat bila terkena getaran vulkanik, karena sifat batuannya yang peka terhadap gelombang gempa.

Gempa Bumi Vulkanik Dangkal

Sesuai dengan namanya, sumber gempa vulkanik dangkal berasal dari tempat yang dangkal. Kedalamannya hanya kurang dari 2 kilometer. Gempa bumi vulkanik dangkal terjadi selama proses meletusnya gunung berapi.

Gempa Bumi Vulkanik Dalam

Berbeda halnya dengan gempa vulkanik dangkal, gempa vulkanik dalam justru memiliki kedalaman hingga mencapai 2 – 30 kilometer.

Gempa bumi vulkanik dalam mempunyai beragam kemiripan dengan gempa bumi tektonik pada umumnya, khususnya di bagi gempa susulan alias after shocks.

Gempa bumi vulkanik dalam terjadi apabila gunung berapi mulai meletus. Sehingga dapat dijadikan sebagai tanda bahwa gunung berapi telah aktif kembali.

Gempa Bumi Ledakan

Gempa ledakan terjadi seiring adanya ledakan pada gunung berapi. Gempa bumi ledakan mempunyai sumber gempa yang begitu dangkal, tak lebih hanya kurang dari 1 kilometer saja.


Akibat Gempa Bumi


√ 4 Penyebab Gempa Bumi | Pengertian, Akibat dan Cara Menanggulanginya
Image Source: pjokrahman.blogspot.com

Akibat yang ditimbulkan oleh gempa bumi ini ada yang bersifat menguntungkan manusia tetapi ada juga yang merugikan manusia. Tetapi kebanyakan bersifat merugikan manusia. Akibat gempa bumi tersebut antara lain adalah:

1. Terangkatnya mineral ke permukaan bumi

2. Terjadinya Tsunami

3. Terjadinya Jenis – Jenis Longsor

4. Terjadinya Banjir

5. Terjadinya Kebakaran

6. Hancurnya Bangunan

7. Munculnya wabah Penyakit

8. Banyaknya korban Jiwa

9. Kerusakan Lingkungan


Cara Menanggulangi Gempa Bumi


√ 4 Penyebab Gempa Bumi | Pengertian, Akibat dan Cara Menanggulanginya
Image Source: alinea.id

Sebelum Gempa Bumi Terjadi

Penanggulangan yang dilakukan sebelum gempa terjadi:

  • Pastikan anda tahu area yang anda tinggali, biasanya masyarakat hanya menempati sebuah daerah atau tempat tanpa perduli hal sejenis itu. Padahal sangat penting mengenali area sendiri, seperti dekat dengan pantai atau tidak, bagaimana konstruksi dan struktur tanahnya, bagaimana kondisi alamnya, bagaimana anda mendapatkan area untuk evakuasi jika tahu ada beberapa tempat yang tidak sesuai dengan anda.
  • Biasakan untuk meletakan barang yang sangat berat dibawah dan jangan ditumpuk, menghindari adanya gempa bumi dan menyebabkan benda tersebut jatuh
  • Perbaiki kabel yang rusak menghindari kesetrum dan lainnya
  • Periksa pondasi rumah, dan usahakan untuk mencari area seperti lapang agar bisa menyelamatkan diri ketika terjadi gempa.

Saat Terjadi Gempa Bumi

Lakukan beberapa penanggulangan seperti berikut:

  • Segeralah keluar dari bangunan ataupun ruangan yang sedang anda tempati.
  • Utamakan diri anda sendiri dan jangan barang
  • Carilah tanah yang lapang di sekitar, hal ini akan berguna untuk anda yang memang sedang berada di area bangunan banyak. Gempa biasanya menyebabkan keruntuhan
  • Jika anda berada di pantai maka jauhi pantai dan usahakan untuk menyelamatkan diri tanpa ada bangunan di sekitar. Khawatir gempa berasal dari laut dan menyebabkan Tsunami.

Setelah Gempa Bumi Terjadi

Tindakan yang bisa anda lakukan setelah gempa terjadi adalah seperti berikut :

  • Periksa keluarga dan kondisi anda, apakah ada yang terluka atau hilang dan sebagainya
  • Biasanya sesaat setelah gempa mengalami masalah komunikasi atau masalah yang menyebabkan kota lumpuh total. Seperti listrik tidak ada, air, dan sinyal maka usahakan terus bersama keluarga.
  • Jika semua baik-baik saja maka bantu orang sekitar untuk bisa melihat orang lain, dan juga membantu orang sekitar mendata apakah mereka kehilangan orang atau keluarganya
  • Hubungi pihak yang bisa diberikan informasi, biasanya setelah bencana alam terjadi satgas atau tim khusus akan menangani masalah ini.

Demikian penjelasan kami mengenai penyebab gempa bumi, pengertian, akibat dan cara menanggulangi gempa bumi. Semoga bermanfaat.

Keyword: Penyebab Gempa Bumi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*