10 Jenis Model Karangan Bunga Pernikahan serta Sejarahnya

√ 10 Jenis Model Karangan Bunga Pernikahan serta Sejarahnya
penganten.com

Karangan Bunga Pernikahan – Salah satu peristiwa penting dan istimewa dalam hidup ialah pernikahan. Oleh karenanya tak hanya kedua mempelai saja yang antusias dalam menjalaninya, akan tetapi juga para tamu yang akan diundang.

Sehingga setiap kali ada pernikahan, pasti semua orang ingin memberikan hadiah atau sesuatu yang mengesankan bagi kedua mempelai, sebagai salah satu bentuk dukungan.

Karena tentu saja setiap orang ingin menjadi bagian yang memiliki kesan terindah pada acara pernikahan tersebut.

Memberikan ucapan selamat atas pernikahan seseorang bisa diekspresikan dalam berbagai cara.

Dimana hal tersebut akan membuktikan bahwa anda menganggap momen tersebut sebagai sesuatu yang berharga, penting dan anda turut berbahagia terhadapnya.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan karangan bunga pernikahan yang indah.

Namun, apakah anda tahu dari mana awal mula perkembangan karangan bunga ini? Yuk, mari simak sejarahnya berikut ini.


Sejarah Rangkaian Bunga


apkpure.com

Karangan bunga termasuk dalam seni merangkai bunga yang mana disusun dalam berbagai bentuk dengan kreatif.

Dahulu rangkaian bunga ini mempunyai makna yang sangat kental dan menjadi sebuah simbol tertentu, biasanya tergantung pada bunga yang digunakan.

Pada budaya beberapa negara Asia dan Timur Tengah, mempunyai keyakinan bahwa bunga tertentu merupakan hal yang suci dan erat kaitannya dengan spiritual. Sedangkan pada era Victoria, bunga memiliki makna tersendiri.

Misalnya bunga chamomile, yang memiliki makna ungkapan kesabaran seseorang kepada pasangannya. Sejarah seni merangkai bunga berawal dari Mesir pada 2500 tahun sebelum masehi lalu.

Dari arterfak yang ditemukan, menandakan bahwa bunga-bunga disana melambangkan kereligiusan dan kesucian.

Setelah itu seni ini kian meluas ke Yunani Kuno dan Romawi. Bagi orang-orang Yunani, karangan bunga menjadi sebuah simbol kesetiaan, dedikasi, kekuasaan, dan kehormatan.

pasberita.com

Sementara bagi orang-orang Romawi, karangan bunga dianggap sebagai lambang kemenangan militer mereka serta penghormatan kepada komandannya seusai perang.

Mengenai bentuknya, karangan bunga dimasa lalu tentu memberikan pengaruh pada masa kini.

Dahulu, umumnya digunakan di kepala namun seiring berkembangnya zaman, perubahan bentuk karangan bunga ini semakin berkembang pula.

Kemudian orang-orang Eropa mulai menyukai karangan dengan banyak bunga. Selain itu fungsinya juga semakin meluas, serta bisa mewakili ungkapan perasaan tertentu.

Mulai abad ke-20 hingga sekarang, jenis dan bentuk karangan bunga semakin bervariasi saja.

Mulai dari yang setangkai, buket, standing flower, hingga karangan bunga yang besar menggunakan papan.

Demikian, karangan bunga dari masa ke masa yang mewakili simbol spiritual hingga perasaan.


Model Karangan Bunga Pernikahan


mawarflorist.com

Nah, setelah anda mengetahui bagaimana karangan bunga bisa berkembang sampai saat ini, tentu menjadi pengetahuan tambahan baru bagi anda bukan? Sehingga kini anda mengetahui ada simbolisasi dibalik pemberian karangan bunga.

Namun sebelum memberikan karangan bunga, baiknya kenali dulu yuk jenis-jenis model karangan bunga pernikahan berikut ini.

Secara umum, karangan bunga pernikahan biasanya adalah yang menggunakan papan. Karangan bunga ini biasanya berbentuk segi empat.

Papan karangan bunga sendiri adalah serangkaian bunga yang dirangkai menjadi satu dengan kombinasi dari berbagai jenis bunga.

Medianya berupa papan datar yang dilengkapi dengan penyangga dari kayu atau bambu. Dan banyak juga yang menggunakan busa sterofoam, tapi tidak hanya itu lho.

1. Karangan bunga mawar

hartiniflorist.com

Bunga mawar merupakan simbol romantisme dalam kisah percintaan yang sangat terkenal.

Oleh karena itu untuk momen spesial dan penuh cinta yaitu pernikahan, maka karangan bunga mawar ini sangat cocok untuk diberikan pada kedua mempelai yang tengah berbahagia itu.

2. Karangan Bunga Model Persegi Panjang

brilio.net

Mungkin yang membedakan hanyalah bentuknya saja, untuk isian atau rangkaian bunganya sebenarnya sama saja seperti yang lain.

Letak perbedaannya hanyalah untuk model persegi panjang ini ukurannya lebih lebar, sehingga kreasi rangkaian bunganya menjadi sedikit lebih beragam.

Anda bisa meminta untuk menambahkan komponen tambahan agar semakin mempercantik karangan bunganya. Misalnya bentuk-bentuk tertentu, seperti hewan dan lainnya.

3. Karangan Bunga Pernikahan Elegan

pinterest.com

Menggunakan model yang elegan akan memberikan kesan tersendiri bagi yang menerima maupun yang melihat ketika tengah dipajang.

Untuk menampilkan kesan elegan tersebut, mungkin anda bisa memadukan bunga matahari dan bunga lili berwarna kuning. Maka karangan bunga anda terlihat tegas dan elegan.

4. Karangan Bunga Model Hati

bungatoko.com

Selain bunga mawar sebagai simbol romantisme, yang tak bisa dipisahkan dari kata cinta adalah lambang hati. Dimana juga menjadi simbol cinta yang menyatukan kedua mempelai.

Karangan bunga berbentuk hati ini sangat indah untuk dipandang, dan bisa saja akan jadi spot foto dadakan.

5. Karangan Bunga Model Lingkaran atau Elips

amazon.com

Tak melulu kotak, karangan bunga bisa juga berbentuk lingkaran ataupun elips lho. Anda bisa memilih untuk menambahkan ornamen tertentu agar semakin menarik.

Misalnya dengan tambahan dekorasi seperti tirai. Desain seperti itu dapat menjadi sebuah simbol bahwa kedua mempelai siap untuk memasuki gerbang baru kehidupan bersama-sama.

6. Karangan Bunga Papan Kayu

penganten.com

Jika anda bosan dengan karangan bunga yang umum digunakan terbuat dari sterofoam, anda bisa memberikan karangan bunga pernikahan yang terbuat dari palet kayu.

Jenis karangan bunga ini meskipun terlihat simpel namun sangat menarik dan tidak membosankan.

7. Karangan Bunga Digital Printing

clianthabunga.com

Model karangan bunga yang menggunakan desain dari digital printing kini sudah banyak diproduksi. Apalagi jika alasannya adalah karena ingin yang praktis dan efisien.

Model karangan bunga ini menggunakan digital printing pada gambar atau tulisannya. Sedangkan untuk bagian tepinya tetap menggunakan rangkaian bunga agar tetap mempercantik tampilannya.

8. Karangan Bunga Lucu

hot.liputan6.com

Anda bisa menggunakan model karangan bunga yang umum dan sederhana, namun buatlah menjadi menarik.

Salah satunya jika anda bosan dengan kalimat-kalimat ucapan selamat yang umum ada pada sebuah karangan bunga, maka anda bisa memikirkan ucapan yang lucu bagi kedua mempelai.

Ini sangat cocok untuk diberikan kepada sahabat anda. Dimana pasti sudah sangat akrab dengan ‘candaan tongkrongan’ kalian.

Dengan karangan bunga seperti ini, anda akan memberikan kesan tersendiri bagi sahabat anda itu. Karena hal-hal konyol biasanya akan sangat memorable.

9. Karangan Bunga Standing Flower

bukalapak.com

Karangan bunga tidak hanya berupa papan dengan penyangga, namun ada juga inovasi standing flower ini.

Model ini terbuat dari serangkaian bunga yang disusun dengan dudukan sebagai penyangganya yang terbuat dari kawat besi.

Dimana akan membuat karangan bunga ini tampak sangat anggun. Sehingga sangat cocok untuk diletakkan di depan ruang pesta atau di sudut-sudut yang menarik.

10. Karangan Bunga Standing Flower Balon

kadoplus.com

Yang membedakan dari standing flower sebelumnya adalah adanya balon sebagai komponen tambahan. Selain balon, biasanya juga dihias dengan pita.

Jadi, model ini merupakan sebuah rangkaian bunga yang biasanya ditempatkan di sebuah wadah kotak dan terdapat balon di atasnya, menyerupai balon udara. Umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari standing flower yang biasa.

Keyword: Karangan Bunga Pernikahan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*