√ 5 Inspirasi Contoh Mahar dengan Tema Wayang yang Menarik dan Unik

5 Inspirasi Contoh Mahar dengan Tema Wayang yang Menarik dan Unik

Mahar Wayang – Memiliki pasangan dan menikah adalah impian semua orang. Apalagi memiliki pasangan yang bisa diajak kompromi dalam segala hal, termasuk pemilihan tema mahar yang akan digunakan di hari pernikahan. Agar tampilan mahar menjadi

Mahar Wayang – Memiliki pasangan dan menikah adalah impian semua orang. Apalagi memiliki pasangan yang bisa diajak kompromi dalam segala hal, termasuk pemilihan tema mahar yang akan digunakan di hari pernikahan.

Agar tampilan mahar menjadi lebih menarik, uang atau benda yang dijadikan sebagai mahar dapat dibentuk dengan sedemikian rupa.

Pada umumnya, calon mempelai menginginkan mahar dengan tema yang unik, dan memiliki pesan khusus sehingga dapat dikenang berdua sampai akhir hayat.

Salah satu tema yang dapat menampilkan pesan tersebut adalah tema wayang. Tema mahar berbentuk wayang umumnya sering digunakan oleh calon pengantin yang berasal dari suku jawa.

Selain mengangkat mengenai budaya lokal, ternyata wayang sendiri memiliki berbagai makna kehidupan yang bisa dijadikan pelajaran dalam mengarungi kehidupan baik secara individu dan sosial.

Adapun tokoh wayang yang sering digunakan sebagai penghias mahar adalah pasangan Arjuna dan Srikandi serta pasangan Ramayana dan Shinta.


Mahar Wayang sebagai Inspirasi Mas Kawin Terunik


Untuk mewadahi, aspirasi kamu yang menginginkan mahar kamu menjadi lebih berkesan dan memiliki makna tersirat, berikut ini beberapa referensi tokoh dan simbol pewayangan yang menginspirasi.

1. Wayang dengan Tema Gunung

√ 5 Inspirasi Contoh Mahar dengan Tema Wayang yang Menarik dan Unik
penganten.com

Dalam dunia pewayangan, gunungan adalah figur khusus yang berbentuk gambar gunung beserta isinya.

Gunungan sendiri memiliki memiliki dua jenis, yaitu gunungan blumbangan yang melambangkan perempuan dan gunungan gapuran yang melambangkan laki-laki.

Gunungan sendiri merupakan simbol kehidupan dimana di dalamnya melambangkan seluruh alam raya beserta isinya.

Dengan background berwarna putih dan ornamen wayang berserta bunga-bunga berwarna cerah membuat mahar wayang kamu menjadi lebih hidup sesuai dengan makna simbol gunungan wayang tersebut.

Untuk kamu yang memilih gunungan sebagai tema mahar kamu, bisa mewakili niat kamu untuk memulai hidup yang baru dengan pasangan kamu. Selamat menempuh hidup baru!

2. Wayang Tokoh Pewayangan Ramayana

√ 5 Inspirasi Contoh Mahar dengan Tema Wayang yang Menarik dan Unik
bukalapak.com

Tokoh Rama dalam dunia pewayangan dikenal sebagai sosok yang jujur, membela kebenaran, dan selalu melindungi saudara-saudaranya.

Sementara sosok Shinta digambarkan sosok yang setia, sederhana, sabar dan menerima. Tokoh ini dapat kamu jadikan panutan bersama pasangan dalam mengarungi bahtera rumah tangga kelak.

Penambahan ornamen jam pada mahar wayang dapat menunjukkan waktu ijab-qabul kamu dan pasangan dilakukan. Selain itu, pemilihan warna kalem dan senada pada ornamen wayang membuat mahar wayang kamu terlihat simpel namun tetap elegan.

3. Wayang dengan Ornamen Buku Nikah kamu dan pasangan

√ 5 Inspirasi Contoh Mahar dengan Tema Wayang yang Menarik dan Unik
gramha.net

Masih menggunakan konsep yang sama yaitu menggunakan tokoh pewayangan Arjuna dan Srikandi. Tokoh Arjuna adalah sosok yang suka membantu dan tokoh Srikandi dalam dunia wayang digambarkan sebagai sosok yang tegas dan pemberani.

Dengan pemilihan tokoh pewayangan Arjuna dan Srikandi, semoga kedua mempelai nantinya dapat mencontoh nilai-nilai kebajikan yang ada pada tokoh-tokoh tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pada mahar wayang ini terdapat tambahan ornamen berupa buku nikah kamu dan pasangan. Adanya buku nikah pada mahar wayang ini menandakan kamu dan pasangan sudah sah bersama.

4. Wayang Rembulan

√ 5 Inspirasi Contoh Mahar dengan Tema Wayang yang Menarik dan Unik
jogjaseserahan.com

Masih dengan menggunakan tokoh pewayangan yaitu Ramayana dan Shinta, pada hiasan Mahar wayang ini terdapat penambahan ornamen uang logam dan beberapa bunga-bunga kecil.

Serta tidak ketinggalan lampu LED berwarna kuning keemasan membuat mahar kamu jadi terlihat mewah dan hidup.

5. Menggunakan Uang Logam

√ 5 Inspirasi Contoh Mahar dengan Tema Wayang yang Menarik dan Unik
jogjaseserahan.com

Ternyata uang logam bisa dijadikan hiasan pada mahar yang menampilkan tokoh Rama dan Sinta.

Dengan pemilihan background berwarna hitam dan ornamen berwarna silver dan perak membuat mahar wayang terlihat lebih classy namun tetap memiliki kesan etnik.

Keyword: Mahar Wayang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *