√ 20 Inspirasi Desain Rumah Joglo untuk Hunian Anda!

20 Inspirasi Desain Rumah Joglo untuk Hunian Anda!

Rumah joglo merupakan rumah tradisional jawa yang umumnya dibuat dari kayu jati. Atap rumah joglo memiliki bentuk tajug, semacam atap piramidal yang mengacu dari bentuk gunung. Bentuk atap tajug yang menyerupai bentuk gunung dini diyakini

Rumah joglo merupakan rumah tradisional jawa yang umumnya dibuat dari kayu jati. Atap rumah joglo memiliki bentuk tajug, semacam atap piramidal yang mengacu dari bentuk gunung.

Bentuk atap tajug yang menyerupai bentuk gunung dini diyakini masyarakan jawa kalau gunung merupakan simbol segala hal yang sakral.

Saat ini rumah joglo juga banyak digunakan untuk bangunan rumah di perkotaan dan memadukannya dengan desain arsitektur minimalis atau modern.

Penggunaan rumah joglo pada rumah modern sekarang ini untuk memunculkan kesan tradisional pada rumah.

Selain itu, dapat juga disebut sebagai salah satu bentuk nyata dalam melestarikan budaya berupa bangunan khas jawa.


Rumah Joglo


Jika anda tertarik dengan rumah joglo dan ingin membuatnya sebagai hunian impian anda, berikut merupakan 20 inspirasi rumah joglo yang dapat anda jadikan sebagai salah satu inspirasi!

1. Rumah Joglo Mewah dan Elegan

Image Source: celticstown.com

Dengan lahan yang luas, rumah joglo ini memiliki bangunan yang juga besar dan berkesan mewah elagan. Rumah dengan bentuk joglo terdapat di area tengah dengan tangga untuk memasukinya berada di masing-masing samping kiri dan kanan.

Pada bagian depan area rumah joglo terdapat taman dengan kolam dan dinding menggunakan batu alam yang membuatnya memberikan kesan sejuk dan alami.

Selain itu, yang memberikan kesan mewah dan elegan dari rumah joglo ini adalah aksen lampu berwarna kuning.

2. Rumah Joglo Modern Berukuran Sedang

Image Source: pinterest.com

Menggabungkan arsitektur modern dan tradisional rumah joglo berukuran sedang ini terlihat cukup menarik. Rumah menggunakan atap joglo dan dinding bangunan menggunakan tembok.

Selain itu, rumah juga menggunakan jendela kaca berukuran besar dan pada teras terdapat area dengan kursi yang dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga atau tamu.

3. Rumah Joglo dengan Kolam enang

Image Source: dictio.id

Rumah joglo ini berukuran cukup besar dan menggunakan atap genteng. Pada bagian halaman belakang rumah terdapat taman yang cukup luas dan juga kolam renang dengan ukuran besar.

Area sekitar kolam renang menggunakan lantai kayu dan terdapat beberapa kursi yang dapat digunakan untuk bersantai atau beristirahat ketika sudah lelah dengan aktivitas renang.

Selain itu, taman hijau pada belakang rumah juga memberikan kesan alami, sejuk dan asri pada rumah.

4. Rumah Joglo Minimalis dengan Atap Berwarna Hitam

Image Source: Fabelio.com

Menerapkan desain minimalis pada rumah joglo juga merupakan salah satu pilihan menarik yang dapat dijadikan sebagai inspirasi.

Seperti yang satu ini, rumah joglo ini menggunakan desain minimalis dengan material rumah sebagian besar menggunakan kayu jati namun dan atap berwarna hitam dengan interior dan tata letaknya menggunakan desain minimalis.

Aksen lampu kuning memberikan kesan elegan dan rumah juga memiliki teras yang cukup luas dengan beberapa kursi yang dapat digunakan untuk bersantai menikmati suasana pagi, sore atau malam hari.

5. Rumah Joglo dengan Kombinasi Bata Merah

Image Source: polarumah.com

Rumah joglo ini memiliki ukuran yang cukup luas dengan desain bangunan yang sudah menggunakan arsitektur modern, rumah joglo ini dipadukan dengan material bata merah pada sebagian dindingnya, batu alam berwarna hitam pada dinding bagian bawahnya dan atap menggunakan genteng berwarna merah.

Pilar pada rumah joglo ini juga menggunakan bata merah dan pada bagian samping rumah terdapat sebuah garasi. Selain itu, rumah ini juga memiliki taman yang cukup luas yang memberikan kesan sejuk dan asri.

6. Rumah Joglog dengan Desain Modern dan Mewah

Image Source: hownesia.com

Kesan modern dan mewah begitu terlihat pada rumah joglo yang satu ini. Rumah joglo ini memiliki 2 lantai. menggunakan desain arsitektur modern dengan dinding menggnakan batu alam pada lantai satu dan dinding berwarna putih dengan warna lain oranye di lantai dua.

Rumah menggunakan jendela kaca berukuran besar dan mimiliki teras yang luas. Teras pada rumah memiliki atap dengan khas joglo dan terdapat kursi serta meja yang dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga ataupun tamu.

Selain itu, pada bagian samping kiri rumah terdapat garasi, carport dan rumah juga memiliki taman minimalis dengan pohon untuk kesan sejuk dan asri.

7. Rumah Joglo Minimalis dengan Kolam Renang Berukuran Sedang

Image Source: hownesia.com

Rumah joglo ini memiliki ukuran bangunan sedang dengan desain minimalis yang banyak menggunakan kaca berukuran besar.

Kaca besar pada rumah joglo ini tidak hanya digunakan pada jendela melainkan juga sebagai dinding dan pintu geser.

Rumah ini menggunakan atap berwarna hitam dan halaman belakang yang cukup luas dengan sebagian digunakan untuk taman dan sebagiannya lagi digunakan untuk kolam renang berukuran sedang.

8. Rumah Joglo Minimalis Modern dengan Ukuran Mini

Image Source: hownesia.com

Ingin rumah joglo dengan desain minimalis modern namun memiliki lahan yang sangat terbatas? Maka yang satu ini dapat anda jadikan sebagai salah satu inspirasi anda.

Rumah joglo ini menggunakan desain minimalis modern dengan dinding berwarna putih, abu-abu yang dipadukan dengan aksen bata merah dan atap rumah berwarna hitam.

Rumah memiliki denah dengan bentuk persegi dan sedikit taman pada halaman depannya. Selain itu, pada bagian samping rumah terdap carport untuk menaru kendaraa.

9. Rumah Joglo Luas dengan Kesan Megah dan Mewah

Memiliki lahan yang luas tentunya dapat lebih mengeksplor bagaimana rumah impian akan dibangun. Rumah joglo ini memiliki area lahan dan bangunan yang termasuk luas dan menggunakan desain minimalis pada bangunannya.

Sebagian besar material dari rumah ini menggunakan kayu jati dengan konsep bangunan yang terbuka. Pada bagian belakang rumah terdapat area yang digunakan untuk bersantai dengan beberapa kursi, taman dan sebuah kolam renang berukuran besar. Aksen lampu kuning pada rumah joglo ini membuatnya memiliki kesan mewah.

10. Rumah Joglo Minimalis Tanpa Pagar

Image Source: hownesia.com

Memiliki ukuran sedang dan tanpa pagar rumah, namun rumah joglo ini tetap terlihat menarik karena penggunaan desain minimalis pada bangunannya.

Rumah menggunakan dinding berwarna hitam dengan aksen warna putih dan atap menggunakan genteng dengan warna merah maroon.

Selain itu, teras rumah seperti menggunakan pembatas dari kayu yang disusun secara vertikal dan pada bagian samping rumah terdapat carport untuk kendaraan.

11. Rumah Joglo Luas dengan Nuansa Putih

Image Source: gambarrrrrrr.blogspot.com

Rumah joglo ini memiliki bangunan dengan ukuran yang cukup luas dengan nuansa secara keseluruhan berwarna putih.

Rumah joglo dipadukan dengan gaya arsitektur modern dengan penggunaan pilar dari bata, bangunan joglo pada bagian depan rumah dan bangunan utama rumah ada di belakangnya.

Rumah menggnakan dinding berwarna putih yang dipadukan dengan warna cokelat kayu dan atap berwarna merah.

12. Rumah Joglo Sederhana

Image Source: budayajawa.id

Menggunakan konsep sederhana juga bukan merupakan pilihan yang buruk, namun justru dapat memberikan kesan tersendiri pada rumah.

Seperti yang satu ini, rumah joglo ini menggunakan konsep sederhana dengan bangunan rumah yang tidak besar. Rumah sebagian besar menggunakn material kayu jati dengan atap genteng berwarna oranye.

Selain itu, pada bagian bawah rumah terdapat batu kali yang juga dijadikan sebagai tangga untuk akses masuk ke bangunan rumah.

13. Rumah Joglo Berukuran Sedang dengan Garasi

Rumah joglo ini menggunakan desain arsitektur modern dengan ukuran bangunan yang tidak terlalu besar. Dinding rumah menggunakan warna putih dipadukan dengan warna cokelat, batu alam dan pada masing-masing samping dinding terdapat ukiran menarik.

Di depan pintu masuk rumah terdapat 2 pilar berukuran sedang dan pada bagian samping rumah terdapat sebuah carport untuk kendaraan dengan atap yang menggunakan rangka kayu.

14. Rumah Joglo dengan Halaman Belakang Luas untuk Kolam Renang

Image Source: intouchbali.com

Karena dipadukan dengan gaya arsitektur modern, rumah joglo ini juga memiliki kolam renang yang cukup luas pada halaman belakang rumahnya.

Rumah tetap menggunakan unsur kayu jati, hanya saja sebagian besar bangunannya menggunakan dinding bata yang sudah di cat warna putih dan pada atap rumah menggunakan genteng oranye.

Selain itu, halaman belakang rumah juga memiliki teras yang dapat digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

15. Rumah Joglo dengan Desain Bangunan Modern Bata Merah

Image Source: rumah-jawa.com

Rumah joglo ini berukuran sedang yang menggunakan desain arsitektur modern. Dinding rumah menggunakan bata merah hampir pada keseluruhan bangunan, lantai menggunakan keramik putih dan atap rumah menggunakan genteng berwarna merah maroon.

Selain itu teras rumah ini juga memiliki beberapa kursi yang dapat digunakan untuk bersantai dan halaman rumah terdapat taman minimalis yang memberikan kesan sejuk dan asri pada rumah.

16. Rumah Joglo dengan Batu Alam dan Kolam Renang

Rumah joglo ini menggunakkan pondasi berukuran cukup tinggi dengan menggunakan batu alam. Rumah berukuran sedang dengan hampir keseluruhan bangunannya menggunakan material kayu jati.

Selain itu pada halaman belakang rumah terdapat kolam renang berukuran sedang dan taman hijau di sekelilingnya.

17. Rumah Joglo dengan Halaman Belakang Luas

Image Source: rumahpedia.info

Rumah joglo ini menggunakan arsitektur yang cukup modern dengan sebagian besar bangunan rumah menggunakan material bata sebagai dindingnya.

Dinding rumah berwarna putih dan atap rumah menggunakan genteng berwarna oranye.

Selain itu, rumah ini juga memiliki halaman belakang yang cukup luas, dengan sebagian halaman digunakan untuk dibuat taman minimalis dan sebagiannnya lagi dibuat kolam renang yang juga berukuran besar.

18. Rumah Joglo Mewah dengan Halaman Depan Luas

Image Source: insinyurbangunan.com

Menggunakan lahan yang cukup luas rumah joglo ini di bangun dengan ukuran yang cukup besar. Rumah dipadukan dengan gaya desain modern dan parsitektur khas joglo di bangun di bagian depan rumah.

Dinding rumah menggunakan warna putih, cokelat dan atap rumah menggunakan genteng berwarna cokelat. Rumah ini pun memiliki halaman depan yang cukup luas.

19. Rumah Joglo Luas dengan Kesan Elegan dan Mewah

Image Source: insinyurbangunan.com

Memiliki kesan elegan dan mewah, rumah joglo berukuran besar ini sebagian bangunannya menggunakan dinding bata dan sebagiannya lagi menggunakan kayu jati. Selain itu, rumah juga memiliki halaman belakang yang cukup luas yang digunakan untuk taman dan kolam renang berukuran besar.

20. Rumah Joglo Modern dengan Aksen Lampur Kuning

Image Source: hotelpurwokerto.com

Rumah joglo ini berukuran sedang dan menggunakan desain modern. Dinding rumah menggunakan warna putih dan atap rumah menggunakan genteng berwarna merah.

Selain itu rumah ini juga memiliki taman pada halaman depan yang cukup luas dan garasi pada bagian samping rumah. Aksen lampu berwarna kuning pada rumah joglo ini memberikan kesan elegan.

Keyword: desain rumah joglo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *