10 Pesona Pantai di Pacitan yang Sayang Dilewatkan

10 Pesona Pantai di Pacitan yang Sayang Dilewatkan
blueturtlebeachhouse.com

PANTAI PACITAN – Berdasarkan data Wikipedia, Kabupaten Pacitan terletak di semenanjung barat daya provinsi Jawa Timur.

Kekayaan alam dan ekstetika Pacitan yang sungguh luar biasa dan memikat membuat kota ini memang dikenal sebagai nama Kota Pariwisata dan Kota Seribu Goa.

Tak hanya itu, kota ini juga menawarkan keindahan pemandangan pantai yang dihiasi dengan pasir putih, batu karang dan ombak deras yang saling bersahutan.


Pantai Pacitan


Beberapa pantai yang ada di daerah pacitan kini sudah dilengkapi oleh fasilitas dan beragam wahana yang modern.

Namun, tak jarang pula ada beberapa pantai yang alami dan belum terjamah oleh ulah manusia. Dibawah ini sudah saya rangkum beberapa pantai terindah di pacitan yang sepi pengunjung.

1. Pantai Klayar

√ 10 Pesona Pantai Pacitan yang Sayang Dilewatkan
piknikasik.com

Tak jauh dari pusat kota Pacitan, pantai yang terletak di desa Kalak, kecamatan Donorejo ini memiliki keindahan pasir putih dan batu karang serta tebing-tebing batu yang saling mengelilingi.

Pohon kelapa dan gubug-gubug beratap daun kering turut menghiasi bibir pantai ini.

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang paling populer akan keindahan karang raksasa laksana patung Spinx di Mesir.

Tak ketinggalan pula air mancur alami yang tingginya mencapai 10 meter. Suguhan seruling samudera sedikit terdengar tatkala ombak menyapu bebatuan unik sekitaran pantai

Jika kamu seorang traveler sejati, maka sudah selayaknya pantai Klayar ini masuk ke dalam rencana perjalananmu.

Kenapa? Karena disana kamu akan menemui beragam pesona panorama yang tak kalah keren dengan pantai lainnya. Sehingga mengurangi rasa penat dan stress yang disebabkan oleh rutinitas kerja.

Berakit rakit ke hulu, senang kemudian. Lewat jalan ngga enak dulu, baru nyampek pantai kemudian. Udah wajar kali ya tiap mau ke pantai pasti lewat jalan yang berkelok naik turun dulu.

Disarankan untuk berhati-hati mengemudikan kendaraan agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Meskipun demikian, pihak pemerintah lokal telah berusaha dalam membenahi persoalan infrastruktur yang cukup pelik ini.

Sungguh sangatlah penting pembangunan wisata ini mengingat lalu lintas wisatawan yang datang semakin naik dari tahun ke tahun.

Alamat Pantai Klayar: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur

Peta Lokasi: klik di sini

Jika titik perjalanan dimulai dari pusat kota Pacitan, maka jarak yang harus ditempuh sekitar 40 km ke arah barat Pacitan. Diperlukan 1 jam perjalanan setidaknya untuk sampai ke lokasi tersebut.

Setibanya di pantai Klayar, kamu akan disambut dengan dua karang yang sangat tinggi di bagian timur pantai.

Di hari biasa, kamu bisa melihat aktivitas kalangan nelayan lokal yang berlalu lalang di sekitar pantai Klayar. Sedangkan jika hari libur pantai Klayar disibukkan dengan berbagai kunjungan wisatawan domestik, bahkan sampai mancanegara.

Selain nelayan lokal, di sini kamu juga bisa melihat warga sekitar sedang memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan.

Air ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai bahan baku dari pembuatan gula jawa. Air deresan biasa disebut dengan legen. Rasanya lumayan manis, kamu bisa mencicipinya ketika berkunjung ke pantai ini.

Pemandangan Menarik di Pantai Klayar, Pacitan

FYI, pantai Klayar mempunyai lebih dari satu tebing. Beberapa tebing-tebing tersebut ada yang bolong. Hal ini dikarenakan adanya terjangan ombak deras yang terus-menerus menghujam.

Di bagian selatan, kita juga bisa menemukan karang lainnya yang berfungsi sebagai penahan terjangan ombak dari arah selatan.

Oh iya, perlu kamu ingat bahwa di sini kamu tidak diperkenankan untuk berenang di tepian pantai.

Kenapa? Karena ombak di sana bisa dibilang lumayan besar. Ditambah dengan banyaknya tebing curam yang semakin membahayakan apabila pengunjung terhantam karena ganasnya arus ombak.

Ada sebuah fenomena unik yang sangat jarang sekali kamu temui di beberapa pantai di Jawa Timur. Yaps, fenomena tersebut bernama seruling samudra.

Seruling samudra merupakan sebutan dari adanya fenomena bunyi yang berasal dari cekungan antara bagian bawah tebing atau batuan pantai.

Di saat cekungan tersebut diterjang oleh ombak , air laut kemudian keluar menyembur ke permukaan melalui sisi celah bebatuan. Hingga akhirnya menghasilkan sebuah bunyi indah layaknya seruling.

Tidak hanya seruling samudra, kamu juga bisa menemukan sebuah patung yang hampir mirip dengan Sphinx di Mesir.

Jika dilihat dari kejauhan, tebing-tebing tersebut memang menyuguhkan pemandangan yang indah dan cocok jika dijadikan sebagai background dalam bingkai foto kamu.

Mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi, diharapkan bagi para pengunjung untuk tetap tidak menaiki tebing tersebut.

Tetaplah berhati-hati dan jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan 🙂

Saat senja datang, pantai Klayar memiliki pemandangan sunset indah dan sangat menawan. Tentunya ini akan menjadi suguhan panorama alam yang bakal sulit kamu lupakan.

2. Pantai Buyutan

√ 10 Pesona Pantai Pacitan yang Sayang Dilewatkan
Image Source: jejakpiknik.com

Terletak di 10 km sebelah barat pantai klayar, pantai ini menyajikan pemandangan alam berupa pasir putih yang sangat cantik.

Gemuruh deburan dari ombak pantai selatan seakan menambah sensasi suasana pantai ini. Selain itu, kamu akan dikejutkan dengan sebuah karang yang menjulang tinggi seperti tugu di tepi pantai.

Tidak perlu khawatir jika kamu tidak mempersiapkan bekal dari rumah, karena di pantai ini sudah ada beberapa warung yang menjajakan makanan di sekitar.

Jangan lewatkan kesempatan melihat matahari tenggelam jika kamu mengunjungi pantai ini di sore hari.

3. Pantai Soge

√ 10 Pesona Pantai Pacitan yang Sayang Dilewatkan
Image Source: ksmtour.com

Terletak di pinggir jalan Desa Sidomulyo, tak heran jika pantai Soge seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna jalan yang melewati desa tersebut.

Selain menikmati pemandangan ombak, para pengunjung juga bisa menikmati alur muara sungai berkelok yang mengitari pasir putih dan membentang di tengah hingga jarak sekitar 150 meter.

Pantai ini terasa teduh dan nyaman karena dikelilingi oleh beberapa pohon kelapa yang rimbun dan sejuk

4. Pantai Banyu Tibo

√ 10 Pesona Pantai Pacitan yang Sayang Dilewatkan
Image Source: ksmtour.com

Secara keseluruhan, pantai ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan beberapa pantai yang ada di Pacitan. Namun keberadaan air terjun yang jatuh dari tebing membuat pantai ini terlihat unik.

Tahukah kamu? bahwa air terjun tersebut merupakan air tawar yang berasal dari sumber air bawah tanah di sebuah pegunungan karst yang tak jauh dari sekitar pantai.

Area pantai ini tidak terlalu luas, bahkan jika air laut sedang pasang para wisatawan hanya bisa menikmati pemandangan pantai ini dari atas tebing.

Sebaliknya jika air sedang surut, pengunjung dapat menikmati air terjun yang langsung jatuh ke area bibir pantai. Lokasi pantai ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan.

Nama “Banyu Tibo” diambil dari Bahasa Jawa yang artinya air jatuh, sebuah nama yang merujuk pada keberadaan air terjun di pantai tersebut.

5. Pantai Kali Uluh

√ 10 Pesona Pantai Pacitan yang Sayang Dilewatkan
Image Source: pacitanku.com

Ombak besar yang bergulung-gulung di lautan menjadi ciri khas dari pantai ini. Tak heran jika para wisatawan memanfaatkan ombak tersebut sebagai wahana surfing.

Pantai Kali Uluh merupakan salah satu pantai yang bisa dikatakan masih memiliki keindahan alam yang masih virgin atau belum tersentuh dengan modernisasi yang akhir-akhir ini sering dikaitkan oleh banyak pihak swasta maupun pemerintahan.

Jika kamu berminat untuk mengunjungi pantai ini, dianjurkan untuk menggunakan roda dua saja. Karena medan yang ditempuh akan sedikit sulit jika menggunakan roda empat.

Pantai Kali Uluh berlokasi di daerah Desa Klasem Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Setidaknya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota pacitan untuk menuju pantai tersebut.

6. Pantai Tawang

Image Source: danisetiawanku.com

Di Kota Pacitan terdapat dua pantai dengan nama “Tawang”. Pantai Tawang yang populer di kalangan masyarakat berada di Teluk Segoro Anakan, Ngadirojo yang juga digunakan sebagai Tempat Pelelangan Ikan.

Namun berbeda dengan Pantai Tawang yang satu ini, pantai ini masih tersembunyi dibalik keindahan alam dan belum tercemar sedikit pun.

Selain itu, hal unik dari pantai ini adalah pasir hitamnya yang seolah menjadi ciri khas tersendiri. Pantai ini terletak di Desa Katipugal yang berjarak sekitar 20 km ke arah timur dari pusat Kota Pacitan.

Seusai melewati Desa Katipugal, ada baiknya jika bertanya pada warga setempat terlebih dahulu terkait lokasi Pantai Tawang di desa tersebut, karena di sekitar bahu jalan tidak ada papan petunjuk untuk menuju ke arah lokasi pantai.

7. Pantai Tamperan

Image Source: agusstrav12.blogspot.com

Berbeda dengan pantai-pantai sebelumnya, pantai Tamperan justru lebih mengutamakan lokasi pelabuhan perikanan daripada area wisata itu sendiri.

Meskipun begitu, pantai ini masih banyak diminati karena keindahan panoramanya masih terjaga. Suasana pantai Tamperan, Pacitan ini teduh karena dinaungi oleh pepohonan hutan milik Pemerintah Kota di sekitaran pantai.

Lokasi Pantai Tamperan

  • Alamat : Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur, Indonesia.

Dari sisi timur, kamu bisa melihat rangkaian keindahan Gunung Limo yang sangat memanjakan mata.

8. Pantai Watu Karung

Image Source: jejakpiknik.com

Kabar baik untuk bagi kalian para pecinta selancar, di sini kalian bisa menikmati sensasi tingginya ombak kelas dunia yang mencapai 4 meter.

Tidak heran jika Bruce Irons, jawara selancar dunia mengaku tertarik sekali menjajal ganasnya ombak di pantai Watu Karung.

Bahkan foto berselancar Bruce di pantai tersebut pernah dijadikan cover pada sebuah majalah populer, Waves.

Lokasi Pantai Watu Karung

  • Alamat: Desa Pringkuku, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan

Lambat laun foto pada cover majalah itu pun makin viral. Hingga akhirnya pantai Watu Karung banyak didatangi oleh para wisatawan, khususnya bagi mereka para peselancar.

Selain ombaknya yang bertaraf internasional, pantai Watu Karung juga memiliki pesona tersendiri. Seperti karang yang berjejer, desiran ombak dan lembutnya pasir putih seolah melengkapi beberapa elemen keindahan area wisata pantai Watu Karung.

Air lautnya masih berwarna biru (tanpa kecoklatan), jadi bisa dibilang kalau pantai Watu Karung ini masih terjaga dari pencemaran sampah.

Oh iya, jangan khawatir jika kamu ingin bermain di sekitaran bibir pantai. Karena ombak besar akan berhenti tepat di bibir pantai. Sehingga kecil kemungkinannya apabila ada korban yang terseret arus.

Sejauh ini pihak pemerintah setempat telah berkontribusi dengan maksimal. Bahkan para pengunjung pun dapat masuk ke pantai Watu Karung tanpa dikenai biaya alias gratis.

9. Pantai Sruni

Image Source: ihategreenjello.com

Dari sekian banyak pantai yang ada di Pacitan, pantai Sruni nampaknya belum dikelola secara baik oleh pemerintah setempat. Bahkan akses jalannya pun masih belum diperbaiki secara maksimal.

Lokasi Pantai Sruni : Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

Meskipun begitu, panorama pasir putih di pantai Sruni ini masih alami dan bersih dari sampah. Pengunjung yang datang pun masih sepi.

Oleh karena itu, jika kamu menginginkan suasana pantai yang tidak terlalu padat dan ramai pengunjung, sepertinya pantai Sruni ini layak untuk kamu singgahi.

10. Pantai Karang Bolong

Image Source: ksmtour.com

Tak jauh dari pantai Klayar, ada sebuah pantai yang menawarkan keindahan yang tak kalah eksotis. Ya, pantai Karang Bolong. Rute yang ditempuh menggunakan arah yang sama dengan pantai Klayar.

Lokasi Pantai Karang Bolong: Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan (klik disini via Google Maps)

Sayangnya, akses jalan menuju pantai Karang Bolong masih terbilang sulit. Para pengemudi yang ingin menuju ke pantai ini wajib berhati-hati. Karena jalannya masih sempit, berkelok-kelok dan banyak naik turun.

Perjalanan sulit tersebut akan terbayar lunas ketika kamu sampai dan menikmati indahnya panorama pantai Karang Bolong.

Tepat dari sisi timur pantai ini kita bisa melihat pantai Klayar. Sementara itu di sebelah barat kita bisa menikmati matahari terbenam dari bukit di atas pantai.

Luasnya laut juga bisa kamu rasakan saat pandanganmu berpindah ke sebelah selatan.

Keywords: Pantai Pacitan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*