√ 5 Tempat Wisata di Dieng yang Tak Boleh Dilewatkan

5 Tempat Wisata di Dieng yang Tak Boleh Dilewatkan

Wisata Dieng selalu berkaitan dengan kondisi alam dan kebudayaannya. Dataran tinggi Dieng merupakan suatu daerah yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Dieng merupakan daerah yang special terutama dari segi geografis. Dieng berada pada

Wisata Dieng selalu berkaitan dengan kondisi alam dan kebudayaannya. Dataran tinggi Dieng merupakan suatu daerah yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Dieng merupakan daerah yang special terutama dari segi geografis. Dieng berada pada ketinggian 1500 -2000 m dpal. Hal itu membuat Dieng memiliki hawa yang dingin.

Tak hanya dingin bahkan iklim di Dieng berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Meskipun Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah hawa di Dieng bisa sedingin Eropa.

Menariknya lagi ada waktu-waktu dimana embun menjadi es di saat musim kemarau di Dieng . ini menjadi salah satu hal yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana.


Wisata Dieng


Selain iklimnya banyak tempat menarik yang terdapat di Dieng. Tempat-tempat tersebut merupakan kawasan wisata Dieng yang menyuguhkan pemandangan serta pengalaman yang berbeda.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Dieng yang tak boleh kalian lewatkan.

1. Sumur Jalatunda

√ 5 Tempat Wisata di Dieng yang Tak Boleh Dilewatkan
sportourism.id

Sumur yang satu ini tidak seperti sumur yang biasa kita temukan di rumah-rumah atau di pedesaan. Semur Jalatunda yang terletak di Desa Pekasiran Batur ini bentuknya lebih merip seprti kolam yang besar atau telaga, tapi lebih kecil.

Banyak mitos yang berkaitan dengan obyek wisata yang satu ini. Beberapa mitos tersebut, diantaranya tidak ada orang yang bisa menghitung jumlah anak tangga untuk menuju ke sumur.

Padahal jumlah anak tangga untuk bisa sampai ke sumur berjumlah 257 anak tangga.

Mitos lain, ialah jika ada yang bisa melempar batu mencapai dinding sumur di sisi yang lain maka keinginan orang tersebut bisa terwujud. Adapula mitos yang mengatakan bahwa sumur ini dijaga oleh mahluk mistis seperti naga.

Bahkan pernah ada mayat yang ditemukan di sumur yang berkedalaman 100 meter ini. Saat tim evakuasi ingin mengambil mayat tersebut yang sepertinya mudah diraih, tapi mayatnya tidak juga bisa dicapai hingga harus menyelam cukup dalam.

2. Puncak Sikunir

√ 5 Tempat Wisata di Dieng yang Tak Boleh Dilewatkan
sportourism.id

Ada sebuah bukit di Dieng yang dinamakan puncak Sikunir. Bukit ini menjadi favorit para wisatawan untuk menikmati sunrise. Pastikan mendaki bukit sesaat setelah subuh agar bisa mendapatkan foto yang pas dengan golden sunrise.

Untuk bisa mencapai puncak kalian perlu menaiki anak tangga bukit yang cukup tinggi.

Perlu sedikit perjuangan untuk menaiki anak tangga alami yang melelahkan ditambah hawa yang dingin. Semua yang kalian lewati akan terbayar saat sudah berada di puncaknya.

3. Kawah Sikidang

√ 5 Tempat Wisata di Dieng yang Tak Boleh Dilewatkan
dieng.me

Kawah yang satu ini sering kali digunakan untuk latar belakang foto prewedding. Padahal kawah ini merupakan kawah yang aktif.

Penduduk setempat sering menambang belerang dari tempat ini. Bila berkunjung kesini pasti kalian akan melihat bapak-bapak penambang bertopi kupluk dengan wajah cemong belerang.

Tempat wisata ini juga tak jauh dari Sikunir dan masih satu kawasan dengan komplek Candi Arjuna. Dibuka pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

4. Kawasan Candi Arjuna

√ 5 Tempat Wisata di Dieng yang Tak Boleh Dilewatkan
travel.tribunnews.com

Harga tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata ini cukup murah, yaitu sekitar Rp 10.000 sudah sekaligus untuk masuk ke area kawah Sikidang.

Wisata ini merupakan komplek candi Hindu peninggalan Kerajaan Mataran kuno. Ada sekitar 5 candi yang berjajar rapi dan dikelilingi taman yang indah.

5. Telaga Warna

√ 5 Tempat Wisata di Dieng yang Tak Boleh Dilewatkan
mytrip123.com

Dinamakan telaga warna karena air telaga ini yang memiliki banyak warna. Warna pada air telaga didapat karena adanya kandungan belerang serta pembiasan cahaya. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto, apalagi foto prewed.

Terdapat semacam jembatan dari kayu yang mirip dermaga di pinggiran telaga ini. Dibuka dari jam 08.00 hingga jam 17.30 WIB setiap hari. Pengunjung cukup membayar sekitar Rp 10.000 untuk tiketnya.

Itulah beberapa wisata eksotis yang ada di Dieng plateau. Pastingan untuk memakai pakaian yang cukup tebal saat berkunjung ke daerah ini. Hawa yang dingin bisa saja membuat kalian kedinginan.

Keyword: Wisata Dieng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *