7 Tempat Wisata di Kaliurang Jogja Terbaru dan Paling Seru

https://jejaksibolang.com/yogyakarta/wisata-kaliurang/
tripjogja.co.id

Kaliurang merupakan sebuah wilayah yang ada di kaki gunung Merapi. Daerah ini termasuk dalam wilayah Desa Hargobinangun, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Sebagian wilayah Kaliurang berada di daerah dataran tinggi, tepatnya bagian utara.

Udara di daerah Kaliurang terbilang sejuk dengan area pemukiman yang belum terlalu padat. Terdapat banyak penginapan di area wisata Kaliurang jika kalian ingin bermalan disana.

Menghabiskan waktu di Kaliurang sangat mengasyikkan. Di Kaliurang juga banyak terdapat bumi perkemahan yang biasa digunakan para pandu maupun pecinta alam.


Wisata Kaliurang


Wisata Kaliurang juga memiliki kemiripan dengan wisata-wisata puncak di tempat lainnya. Kaliurang juga terkenal akan jadah tempe nya.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di kaliurang.

1. Lava Tour

jamelatour.co.id

Lava tour sebenarnya merupakan perjalanan wisata ke area gunung Merapi. Biasanya perjalanannya dimulai dari daerah Kaliurang dengan menggunakan mobil Jeep offroad terbuka.

Paket tour menggunakan jeep ini biasanya dilayani mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Khusus yang ingin menikmati sunrise sambil ber-offroad ria kalian bisa memilih paket sunrise,tentu dengan harga yang berbeda.

Rute terpendek lava tour dengan penumpang sebanyak 4 orang dikenakan biaya sebesar Rp 350.000.

Untuk rute medium selama 3 jam dikenakan biaya Rp 500.000 rupiah per paket, yaitu 4 orang dalam satu jeep. Sedangkan rute terpanjang dikenakan biaya Rp 650.000 / paket dengan durasi sekitar 4 jam.

2. Bumi Perkemahan Kaliurang

nasirullahsitam.com

Ada banyak bumi perkemahan di Kaliurang. Satu dengan lainnya berbeda-beda konsep. Ada bumi perkemahan yang juga difasilitasi dengan tempat outbond, ada yang dibarengi dengan peternakan, dan ada yang berbasis wisata alam.

Para pandu atau orang yang berkemah pasti tidak akan merasa bosan apalagi udara di Kaliurang sangatlah sejuk. Ditambah fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati bersama teman-teman saat berkemah.

3. Tlogo Putri

lelungan.net

Sebuah wisata alam di kaki gunung Merapi ini menawarkan keindahan dan kesejukan. Letaknya berada di bukit Plawangan. Tempat wisata ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga saat liburan.

Di tempat ini terdapat kolam yang dilengkapi dengan wahana air, seperti sepeda air dan kano. Selain itu juga ada flying fox serta beberapa kedai makanan yang bisa kalian nikmati.

4. The Lost World Kaliurang

m.guideku.com

Sebelum resmi dibuka wisata ini sudah banyak dikunjungi wisatawan hingga sempat ditutup, namun telah dibuka kembali untuk umum.

The Lost World merupakan sebuah tempat wisata edukasi yang dibangun diatas desa yang hilang karena sapuan material letusan Gunung Merapi.

Tempat ini sangat cocok untuk berfoto-foto karena bangunannya sangat arsitektural. Meskipun fasilitasnya belum sepenuhnya jadi dan belum ada grand opening tapi tempat ini sudah ramai pengunjung.

5. Museum Ulen Sentanu

jejakpiknik.com

Museum yang satu ini menyajikan pemandangan yang berbeda dengan kebanyakan museum. Letaknya seperti berada di tempat yang tersembunyi dengan aura yang mistis. Pemandangan alam sekitarnya juuga masih asri dan hijau.

Ullen Sentanu merupakan museum yang menyajikan informasi mengenai sejarah kerajaan Mataran atau Keraton kuno. Mulai dari silsilah dinga apa yang dikenakan para raja dan permaisuri.

6. Air Terjun Tlogo Muncar

alodiatour.com

Air terjun yang satu ini sudah mulai ditinggalkan wisatawan, apalagi wisatawan dari Yogyakarta. Padahal tempat ini sangat sejuk dan bagus untuk berfoto.

Air dari air terjun ini memang tidak sejernih air terjun kebanyakan bahkan terkadang berlintah. Meskipun begitu selain bisa menikmati keindahan air terjun pengunjung bisa melihat monyet-monyet hutan di tempat ini.

7. The World Landmarks – Merapi Park

sengpaku.blogspot.com

Sesuai namanya di tempat ini menyajikan berbagai landmard terkenal yang ada di dunia. Dengan angle yang bagus kalian bisa mengambil foto seolah-olah benar-benar sedang berada di negara aslinya.

Itulah beberapa wisata yang ada di Kaliurang. Pastinya seru dan instagramable banget deh.

Keyword: Wisata Kaliurang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*