7 Tempat Wisata di Mojokerto yang Populer dan Hits Saat Ini

√ 7 Tempat Wisata di Mojokerto yang Populer dan Hits Saat Ini
wisatalengkap.com

Sudah pada tahu belum Mojokerto itu dimana? Mojokerto merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, lebih tepatnya bisa googling lah ya pakai maps.

Jika kamu ada rencana berkunjung ke Surabaya jangan lupa mampir ke wilayah kota onde-onde ini. Wilayah pendukung dari kota Surabaya ini menyimpan destinasi wisata yang cukup menggoda dan menawan.

Wisata Mojokerto menawarkan beberapa destinasi yang menarik mulai dari situs beresejarah, air terjun, candi, pantai, instagramable corner, hingga tempat-tempat menarik untuk kulineran.


Wisata Mojokerto yang Tak Terlupakan


Ada apa saja sih wisata di Mojokerto? Mari kita ulik bersama-sama!

1. Patung Budha Tidur (Mahavihara Mojopahit)

√ 7 Tempat Wisata di Mojokerto yang Populer dan Hits Saat Ini
kumparan.com

Dimulai dari wisata Mojokerto dengan tema situs sejarah, Patung Budha Tidur merupakan salah satu objek yang wajib untuk dikunjungi. Berlokasi di Jalan Raya Trowulan, Bejijong, Trowulan, Mojokerto.

Patung ini merupakan patung Budha tidur terbesar ketiga di dunia. Menurut sejarahnya patung ini dibuat pada tanggal 31 Desember 1989.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kamu cukup berkunjung ke kota onde-onde ini untuk bisa melihat patung Budha yang unik dan menakjubkan ini.

2. Gunung Penanggungan

√ 7 Tempat Wisata di Mojokerto yang Populer dan Hits Saat Ini
lelungan.net

Gunung dengan ketinggian 1.653 mdpl ini sudah tertidur lama alias tidak aktif lagi. Tidak terlalu terlalu curam, medan pendakian di gunung ini cocok untuk pendaki pemula yang baru ingin mencoba pengalaman pertamanya.

Meskipun begitu, Penanggungan tetap menawan dengan pesonanya sendiri. Bagi para pendaki, kamu akan dimanjakan oleh berbagai situs sejarah di sepanjang lereng gunung.

Kabarnya, situs-situs ini merupakan peninggalan kerajaan Hindu-Budha di zaman purbakala dulu.

3. Bukit Watu Jengger

√ 7 Tempat Wisata di Mojokerto yang Populer dan Hits Saat Ini
rutemu.com

Bukit Jengger atau dikenal juga dengan nama Puncak Jengger ini masih belum terjamah khalayak ramai, masih asli dan perawan, baru-baru saja hits.

Hamparan hijaunya perbukitan membentang di ketinggian 1.050 mdpl, menjadikan puncak ini cocok sebagai tempat camping. Banyak spot-spot hits dan keren yang bisa kamu abadikan di media sosial milikmu.

Untuk sampai di puncak, kamu harus melewati medan yang cukup terjal dan berbatu. But don’t worry be happy, karena sesampainya di puncak lelah mu akan berganti dengan kata “wah..”.

4. Candi Wringin Lawang

√ 7 Tempat Wisata di Mojokerto yang Populer dan Hits Saat Ini
ulinulin.com

Wisata Mojokerto keempat ini adalah situs sejarah yang konon katanya merupakan gerbang utama untuk masuk ke wilayah penting Kerajaan Majapahit pada zaman dahulu kala.

Candi Wringin nampak gagah terutama siang hari di bawah langit biru nan cerah. Bentuknya yang simetris semakin menambah keindahan situs sejarah yang terletak di Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan ini.

5. Api Abadi Mojokerto

infindonesia.blogspot.com

Objek wisata Mojokerto kelima ini terbilang cukup unik, berupa nyala api yang katanya tak pernah padam. Percaya atau tidak, coba buktikan sendiri dengan plesir ke Mojokerto.

Sejarah mengatakan sumber api ini sudah menyala sejak zaman Kerajaan Majapahit dan ditemukan masyarakat pada tahun 1993. Api ini digunakan oleh oleh para empu di Kerajaan Majapahit untuk menempu senjata pusaka di masa lampau.

6. Petirtaan Jolotundo

lelungan.net

Satu lagi situs sejarah di Mojokerto, Petirtaan Jolotundo merupakan pahatan relief yang terbuat dari batu adhesit dan memiliki 52 pancuran air bersih. Konon lagi nih, kabarnya air ini tak pernah mengering meski di musim kemarau.

Beberapa arkeolog dunia menjadikan tempat ini sebagai lokasi penelitian, dan banyak yang mengatakan jika air dari pancuran Petirtaan Jolotundo ini merupakan air terjernih kedua di dunia.

7. Kampung Majapahit

life.108jakarta.com

Kisah kejayaan Kerajaan Majapahit memang tersohor di Mojokerto, karena begitu banyak peninggalan situs sejarah dari salah satu kerajaan Hindu-Budha terakhir di Indonesia ini.

Kampung Majapahit merupakan jejak peninggalan sisa puing-puing kerajaan yang dibangun kembali dan dijadikan sebagai lokasi wisata.

Banyak arkeolog dan ilmuwan lainnya yang melakukan penelitian di kampung bersejarah ini. Kamu nggak tertari untuk plesir?

Okay, semoga rekomendasi lima tempat di atas dapat mengumpulkan sebongkah niat di hati kamu untuk berwisata ke Kabupaten Mojokerto. See ya!

Keyword: Wisata Mojokerto

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*