7 Tempat Wisata di Sragen yang Menarik Untuk Dikunjungi

√ 7 Tempat Wisata di Sragen yang Menarik Untuk Dikunjungi
surakarta.pro

Sragen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki luas area sekitar 940-an km persegi.

Bukan hanya Solo dan Semarang saja loh yang memiliki tempat wisata dengan keindahan yang memukau dan mempesona.

Dengan luasnya yang tidak terlalu besar, ternyata wisata Sragen dikelilingi tempat-tempat yang tersembunyi dan belum sering dikunjungi oleh para wisatawan dari luar daerah ini.


Destinasi Wisata Hits di Sragen


Padahal keindahalan alamnya tidak kalah dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang lebih terkenal.

Nah untuk lebih tau lagi mengenai potensi alam yang ada di Sragen, berikut ini akan dijelaskan beberapa tempat wisata di Sragen yang wajib dikunjungi.

1. Kedung Grujug Mili

√ 7 Pilihan Destinasi Wisata Sragen yang Menarik Untuk Dikunjungi
petaniadv.com

Kedung Grujug Mili merupakan destinasi wisata air terjun yang terletak di Desa Pungkruk, Sragen.

Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan air terjun yang dikelilingi oleh tebing bebatuan dengan panorama alam yang masih asri.

Tepat di bawah air terjun terdapat kolam yang bisa kamu manfaatkan untuk bermain air dan berenang disini. Namun tetap perlu hati-hati ya, karena biasanya dasar kolamnya berupa batu-batuan yang licin.

2. Air Terjun Dung Jengglong

√ 7 Pilihan Destinasi Wisata Sragen yang Menarik Untuk Dikunjungi
nyero.id

Air terjun selanjutnya yang wajib kamu datangi saat ke Sragen adalah Air Terjun Dung Jengglong.

Wisata alam yang satu ini memberikan pemandangan yang sangat indah dan menawan. Air terjun ini berada di Desa Brojol, Kabupaten Sragen.

Ketinggian air terjun ini mencapai 4 meter dengan lebarnya sekitar 7 meter dan air yang mengalir dengan derasnya berwarna biru kehijauan yang semakin membuat air terjun ini terasa menyegarkan.

Karena tempat wisata ini belum terlalu diexplore maka tempat ini masih tergolong sepi dan kebersihannya masih sangat terjaga.

Nah buat kamu yang lagi ke Sragen jangan lupa mampir kesini, kamu akan merasakan air terjun serasa milik pribadi.

3. Waduk Kedung Ombo

surakarta.pro

Dengan ukuran waduk ini yang sangat luas yaitu mencapai 5,8 ribu hektar membuat Waduk Kedung Ombo berada di tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Grobogan.

Selain difungsikan sebagai sumber air untuk irigasi, waduk ini juga dijadikan tempat wisata keluarga di akhir pekan.

Dengan duduk-duduk di pinggir waduk sambil menikmati pemandangan dan udara yang sejuk. Tempat ini juga bisa dijadikan spot mancing gratis loh buat kamu yang memiliki hobi memancing.

4. Waduk Gebyar

tempatwisataseru.com

Waduk Gebyar dikenal juga dengan nama Waduk Brayut. Pada awalnya waduk ini difungsikan sebagai tempat penampungan air yang digunakan oleh warga sekitar sebagai sumber air untuk irigasi lahan persawahan.

Namun karena waduk ini memiliki pemandangan yang sangat memuka, dimana latar belakang dari Waduk Gebyar adalah Gunung Lawu dengan pesonanya yang indah. Membuat waduk ini dijadikan salah satu tempat wisata oleh para masyarakat Sragen.

Perbukitan yang mengelilingi waduk ini menambah keindahan serta membuat udara di sekitarnya menjadi sejuk. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat bersantai untuk menghilangkan penat.

5. Gunung Banyak

zurzalmarket.xyz

Tempat wisata di Sragen selanjutnya adalah kawasan wisata Gunung Banyak yang berlokasi di Desa Srawung, Kabupaten Sragen.

Gunung ini diberi nama Gunung Banyak karena memiliki puncak yang mengundak-ngundak sehingga menyerupai deretan gunung.

Tempat ini sangat tepat untuk dijadikan latar pengambilan foto karena memiliki panorama pegunungan yang dipenuhi dengan pepohonan hijau dan batu-batuan.

6. Gunung Kemukus

camerawisata.com

Untuk kamu para traveller sejati yang memiliki hobi tracking dan hikking di Sragen kamu bisa pergi ke kawasan Gunung Kemukus.

Disini disediakan jalur pendakian yang tidak terlalu berat sehingga cocok bagi para pemula. Selama mendaki kamu akan disuguhkan dengan suasana khas pegunungan, udara yang sejuk, dan pemandangan alam yang masih hijau serta asri.

Selain wisata alam, disini kamu juga bisa berwisata religi karena tempat ini diketahui merupakan tempat peristirahatan terakhir Pangeran Samudro dan disini juga terdapat wihara tua yang sangat dihormati oleh warga sekitar.

7. Museum Prasejarah Sangiran

pariwisatasolo.surakarta.go.id

Tempat wisata rekreasi dan edukasi yang terdapat di Sragen adalah Museum Prasejarah Sangiran. Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak sehingga dapat menambah wawasan mereka mengenai kehidupan di zaman prasejarah.

Di museum ini kamu bisa melihat koleksi-koleksi fosil dan juga benda-benda purbakala. Daya tarik dari museum ini adalah terdapatnya fosil manusia purba Meganthropus Palaeo Javanicus dan Pithecantropus Erectus.

Nah, kamu sendiri masih ingat dengan sejarah purbakala yang pernah dipelajari di sekolah dulu tidak?

Keywords: Wisata Sragen

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*