√ 7 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik dan Populer

7 Tempat Wisata di Surabaya yang Menarik dan Populer

Wisata Surabaya tak jauh berbeda dengan wisata di Jakarta. Kota berlambang patung hiu dan buaya ini memang memiliki kondisi yang serupa dengan Jakarta. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Surabaya bisa dibilang sebagai Batam-nya

Wisata Surabaya tak jauh berbeda dengan wisata di Jakarta. Kota berlambang patung hiu dan buaya ini memang memiliki kondisi yang serupa dengan Jakarta. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia.

Surabaya bisa dibilang sebagai Batam-nya Jawa Timur. Kota ini adalah salah satu pintu perdagangan di Indonesia. Seperti yang kita ketahui kalau Tanjung Perak sebagai jalur masuknya komoditi impor terdapat di Surabaya.

Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia selain Jakarta yang juga ibukota provinsi dari Jawa Timur.

Berbatasan langsung dengan selat madura di bagian timur membuat Surabaya sering dilewati orang-orang yang ingin menyebrang ke daerah Madura.

Apalagi setelah resmi dibangun jembatan Suramadu yang menjadi salah satu ikon Jawa Timur. Banyak orang yang melewati Surabaya untuk kemudian menyebrang menggunakan jembatan Suramadu.


Wisata Surabaya


Terkenal dnegan sebutan kota pahlawan membuat kota ini sering dikunjungi para peminat sejarah Indonesia.

Berikut ini beberapa wisata di Surabaya yang sayang kalau dilewatkan.

1. Taman Bungkul

travel.tribunnews.com

Pernah mendengar walikota Surabaya marah-marah karena salah satu taman kotanya rusak? Taman ini lah yang menjadi saksi bisu akibat adanya event perusahaan es krim tanamannya banyak yang rusak.

Taman bungkul merupakan taman wisata kota yang berada di Jalan Raya Darmo dan diresmikan tahun 2007.

2. Kebun Binatang Surabaya

Image Source: tribunnews.com

Salah satu kebun binatang di Indonesia yang sempat mendapat perhatian dunia internasional. Akibat beberapa hewan langka di dalam kebun ini yang mati secara beruntun membuat pengelolaannya disoroti.

Sempat mendapat predikat kebun binatang maut dan kebun binatang terkejam di dunia kini KBS memiliki wajah baru.

KBS mengembalikan nama baik serta kejayaannya sebagai kebun binatang terlengkap dan terbesar se Asia Tenggara yang dulu pernah disematkan.

Kini total ada sekitar 2.640 koleksi satwa yang dibagi dalam 236 macam spesies. HTM-nya cukup murah, yaitu Rp 10.000 perorang. Kalian sudah bisa menikmati koleksi hewan di tempat ini.

3. Tugu Pahlawan

gomuslim.co.id

Seperti yang kita ketahui bahwa Surabaya merupakan kota pahlawan. Hal ini disebabkan adanya peristiwa 10 November 1945.

Untuk memperingati peristiwa tersebut dibangunlah sebuah tugu untuk mengenang jasa para pahlawan.

Tugu pahlawan berbentuk mirip paku terbalik dengan diameter bawah lebih besar, yaitu sekitar 3,1 meter.

Ketinggian tugu ini mencapai 41,15 meter dengan diameter bagian atas yang lebih kecil dari bagian bawah.

4. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

tripadvisor.co.id

Sebuah gereja tua yang sangat klasik sekaligus menarik ni berada di Jalan Kepanjen, Surabaya. Gereja ini sempat hancur dan terbakar pada masa perang di tahun 1945 dan telah direnovasi di tahun 1949 – 1950.

Bangunan ini kini juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Arsitektur dari gereja ini mendapat banyak apresiasi dari para arsitek sehingga bangunan ini mendapat penghargaan dari komunitas Pelestarian Arsitektur Surabaya.

5. Kelenteng Boen Bio

tambo.co.id

Kelenteng ini merupakan salah satu kelenteng tertua yang ada di Indonesia. Bangunannya cukup besar hanya saja tempat parkirnya sempit karena tempat ini terlalu mepet dengan jalan raya.

Lokasinya berada di Jl. Kapasan 131, Kapasan, Simokerto.

6. Makam Sunan Ampel

youtube.com

Lokasi makam sunan Ampel berada di komplek makam tua yang ada di Masjid Ampel. Area makamnya bersih sekalipun sudah usang. Tempat ini sering dikunjungi peziarah di waktu-waktu tertentu.

7. Masjid Cheng Ho Surabaya

wego.co.id

Masjid yang menggunakan nama Laksamana dari negeri Tirai Bambu ini bernuansa tionghoa. Lokasinya berada 1000 m ke utara dari gedung balaikota Surabaya. Tepatnya di Jalan Gading, Ketabang, Genteng , Surabaya.

Sekilas masjid ini bangunannya menyerupai sebuah kelenteng karena nuansa tiongkoknya yang kental. Masjid ini didominasi oleh warna merah, kuning, dan hijau.

Pintu masuk atau gerbangnya menyerupai pagoda dengan relief naga dan patung singa dari lilin. Terdapat lafadz Allah di puncak pagoda.

Itu tadi beberapa wisata Surabaya yang ada di Kota Pahlawan. Apa diantara obyek wisata di atas ada yang pernah kalian kunjungi.

Keyword: Tempat Wisata di Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *