√ Kegiatan yang Bisa dilakukan di Obyek Wisata Candi Borobudur

Siapa sih diantara kalian yang nggak tahu wisata Candi Borobudur? Sepertinya nggak mungkin ya kalau orang Indonesia tidak paham dan tidak kenal dengan salah satu situs yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini. Sebagai

Siapa sih diantara kalian yang nggak tahu wisata Candi Borobudur? Sepertinya nggak mungkin ya kalau orang Indonesia tidak paham dan tidak kenal dengan salah satu situs yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini.

Sebagai keajaiban dunia, pastinya tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang mengenal Candi Borobudur, banyak dari wisatawan mancanegara yang menjadikan wisata Candi Borobudur sebagai destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Indonesia.

Sejarah Candi Borobudur

√ Menikmati Keindahan Wisata Candi Borobudur | Cagar Budaya Dunia
sejarah-negara.com

Candi borobudur merupakan candi peninggalan Buddha yang diperkirakan dibangun pada kekuasaan Dinasti Wangsa Syailendra sekitar tahun 780 – 840 Masehi.

Peninggalan ini difungsikan sebagai tempat ziarah dan sebagai tempat pemujaan Buddha.

Meskipun sekarang Candi Borobudur dijadikan tempat wisata, namun pada saat hari-hari Raya umat Buddha, tempat ini kembali difungsikan sebagai tempat beribadah.

Menurut sejarah, candi ini ditemukan pada tahun 1814 oleh pasukan Inggris dibawah pimpinan Sir Thomas Stamford Raffles.

Sejak saat itu sampai sekarang, candi ini telah mengalami empat tahap pemugaran. Pemugaran besar-besaran terjadi pada tahun 1975 hingga tahun 1982.

Struktur Candi

√ Menikmati Keindahan Wisata Candi Borobudur | Cagar Budaya Dunia
intisari.grid.id

Sebagai salah satu candi terbesar di dunia, candi ini dibangun dengan gaya Mandala, dalam kepercayaan Buddha digambarkan sebagai pencerminan alam semesta.

Candi borobudur berbentuk kotak dengan bagian tengahnya berbentuk lingkaran sebagai titik pusat. Terdapat tiga zona di bagian luar dari candi ini.

Pertama adalah zona Kamadhatu yang melambangkan alam dunia, kedua adalah zona Rupadhatu yang melambangkan alam peralihan, dan yang ketiga adalah zona Arupadhatu yang melambangkan alam tertinggi.

Borobudur memiliki satu stupa utama yang terletak di bagian tengah dengan 72 stupa berlubang lainnya melingkari candi. Di dalam stupa tersebut terdapat arca Buddha yang duduk bersila.

Kemegahan candi ini terletak pada ukurannya yang sangat besar dengan memiliki 16 teras dan 3 pelataran yang melingkar.

Pada bagian dinding candi terdapat total 2.672 relief dan sebanyak 504 arca Buddha.


Wisata Candi Borobudur


Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di kawasan Candi Borobudur ini loh, berikut diantaranya:

1. Sunrise dan Sunset

internasia.com

Untuk menemukan pengalaman yang berbeda saat datang kesini, kamu bisa datang ke candi ini pukul 04.30 untuk menikmati keindahan sunrise dari candi.

Matahari akan muncul diantara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang akan menambah pesona kecantikan dari Candi Borobudur.

Selain saat sunrise, waktu yang paling sempurna untuk melihat indah dan megahnya bangunan ini adalah pada saat sunset tiba. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang akan sulit kamu lupakan dalam hidup.

2. VW Cabrio Tour

travelingyuk.com

Terdapat beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola wisata kawasan Candi Borobudur kepada para wisatawan.

Salah satunya adalah paket wisata VW Cabrio Tour. Kegiatan yang akan kamu lakukan adalah berkeliling ke desa-desa di sekitar candi dengan menggunakan mobil klasik yang telah disediakan.

Wisata menggunakan mobil VW ini bisa kamu coba mulai dari pukul 09.00-14.00 WIB. Kamu akan dibuat merasakan sensasi naik mobil VW klasik yang populer pada zamannya sambil menghirup udara segar pegunungan dan melihat pemandangan khas pedesaan.

3. Tour Andong

borobudurpark.com

Paket wisata selanjutnya adalah tour dengan menggunakan andong atau delman. Sama seperti paket wisata VW Cabrio Tour, kamu juga akan diajak berkeliling menikmati suasana pedesaan yang masih sangat asri.

Selain hanya berkeliling, kamu juga bisa mencoba untuk membuat kerajinan yang biasa dilakukan oleh penduduk sekitar.

Seperti membuat tembikar, gerabah, dan juga kerajinan dari bambu.

4. Safari Gajah

dutawisata.co.id

Untuk bisa lebih santai dalam menghabiskan waktu dan mengeksplore kawasan candi kamu bisa memilih paket wisata safari gajah.

Paket wisata ini biasanya digemari oleh anak-anak dan keluarga. Kamu akan diajak berkeliling melewati sungai, sawah, dan juga desa-desa yang masih berada di kawasan candi.

Sungguh menarik bukan berbagai paket wisata di Candi kebanggan Indonesia ini. Segera cobain guys, sembari berwisata, jangan lupa ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya ya!

Keywords: Wisata Candi Borobudur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *