√ 7 Tempat Wisata di Ujung Kulon Yang Bagai Keindahan Surga Dunia

7 Tempat Wisata di Ujung Kulon Yang Bagai Keindahan Surga Dunia

Anda mengalami kejenuhan akibat rutinitas pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga dan ingin berlibur untuk mengusir suasana yang itu-itu saja? Mungkin hutan menjadi tempat yang pas bagi anda untuk melepas penat. Nuansa alam yang begitu

Anda mengalami kejenuhan akibat rutinitas pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga dan ingin berlibur untuk mengusir suasana yang itu-itu saja? Mungkin hutan menjadi tempat yang pas bagi anda untuk melepas penat.

Nuansa alam yang begitu kental di hutan, dengan suasana yang segar dan menyejukkan dapat membantu anda mendapatkan kenyamanan, dan wisata Ujung Kulon menjadi jawaban yang tepat bagi anda.

Wisata Ujung Kulon yang begitu terkenal adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Tempat wisata yang terletak di bagian paling barat dari Pulau Jawa ini menyimpan banyak keindahan alam.

Tepatnya terletak di sepanjang Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pada awalnya, taman nasional ini terdiri dari beberapa pulau kecil di sekitarnya dan menjadi daerah pertanian. Sampai akhirnya luluh lantak ketika terjadi erupsi Gunung Krakatau.

Namun kemudian mengubah kawasan ini menjadi hutan, serta satwa-satwa liar dan ekosistem vegetasi mampu kembali tumbuh dengan baik.

Taman wisata ini menjadi taman wisata yang tertua di Indonesia dan telah diresmikan menjadi salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.

Taman yang memiliki wilayah area yang begitu luas ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Secara umum, masyarakat hanya mengenal Taman Nasional Ujung Kulon sebagai tempat konservasi badak yang hampir punah, padahal sebenarnya taman ini menyimpan begitu banyak keindahan alam yang sayang sekali untuk dilewatkan.


Tempat Wisata Ujung Kulon


Terdapat tiga ekosistem yang dapat ditemukan disini, baik darat, laut, maupun dataran tinggi. Beberapa lokasi yang dapat dijelajahi ketika anda menjejakkan kaki di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, berikut ini daftarnya:

1. Pulau Handeuleum

Pulau ini terletak di sisi timur semenanjung Ujung Kulon. Ketika sampai disini, anda akan disambut dengan hamparan akar pohon bakau yang memanjakan mata.

Juga terdapat rel kereta yang mengarah ke lautan menjadi sisi keunikan yang dapat ditemukan di Pulau Handeleum.

2. Pulau Peucang

Pulau ini menjadi tempat yang paling populer di antara kawasan-kawasan di Taman Nasional Ujung Kulon. Anda bisa berenang, snorkling, dan menyelam.

Sarana prasarana yang disediakan di Pulau Peucang juga sudah sangat memadai untuk kenyamanan liburan anda.

3. Pulau Panaitan

triptrus.com

Jika anda hobi surfing, maka pulau ini menjadi pilihan yang tepat. Nama Pulau Panaitan sudah tidak asing lagi bagi para surfer professional.

Maka jika anda tertarik dengan wisata penuh tantangan anda bisa melakukannya disini.

4. Pulau Oar-Umang

jejakpiknik.com

Jika anda butuh kedamaian, pulau ini menjadi sebuah alternatif. Anda akan berjumpa dengan hamparan luas pasir putih dan air laut yang terbentang indah akan memanjakan mata anda.

5. Sungai Cigenter

ihategreenjello.com

Taman Nasional Ujung Kulon dikenal dengan satwa langka yang dilindungi yaitu badak. Anda bisa menggunakan kano untuk menyusuri sungai Cigenter.

Aliran sungainya tenang sehingga aman bagi anda, dan tentu saja suguhan pemandangan yang menyejukkan, serta anda bisa melihat langsung badak yang sedang berendam di sekitar.

6. Padang Cidaon dan Cibunar

kitamuda.id

Terletak sekitar 15 menit dari Pulau Peuncang dengan berlayar. Di padang ini anda bisa berjumpa dengan beberapa satwa seperti banteng, babi hutan, rusa dan sebagainya.

7. Gunung Honje

ujungkulon.org

Bagi anda yang hobi hiking, anda juga bisa menemukannya di Taman Nasional Ujung Kulon ini. Karena, tidak hanya pulau dan pantai namun juga terdapat gunung yang cukup menarik untuk dijelajahi.

Selain gunung, anda juga dapat mengunjungi beberapa curug atau sumber air.

Keywords: Wisata Ujung Kulon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *